Experience

Pelatihan Tutorial Business Model Canvas untuk Dosen dan Guru Kewirausahaan Sumatera Barat 2020

Bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan cara mengisi Business Model Canvas?

Pertanyaan di atas adalah jenis pertanyaan yang akhir – akhir sering muncul dari para guru atau dosen seiring dengan semakin masifnya gerakan penanaman jiwa wirausaha di sekolah dan kampus – kampus di Indonesia. Di satu sisi, gerakan penanaman kewirausahaan sejak dini perlu didukung karena penting bagi (maha)siswa untuk memiliki opsi bukan hanya sebagai para pencari kerja setelah lulus, tetapi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Di sisi lain, seorang pengajar di mata kuliah atau mata pelajaran kewirausahaan tentu saja perlu dibekali dengan berbagai macam alat bantu yang memudahkan peserta didik belajar bisnis.

Salah satu alat bantu yang saat ini sedang populer dipelajari di Indonesia adalah business model canvas. Alhamdulillah, bertepatan dengan hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober kali ini, saya berkesempatan untuk berbagi kepada dosen dan guru pengampu mata kuliah produk kreatif dan kewirausahaan mengenai konsep dan cara menggunakan business model canvas, atas undangan dari program pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.. Acara berlangsung selama 3 jam, sejak pukul 13.00 – 16.00 atau sejak pukul 7 hingga 10 pagi waktu Belanda. Apa yang saya sampaikan pada pertemuan ini, diantaranya adalah:

  1. Mengenal prinsip dasar penanaman kewirausahaan pada (maha)siswa
  2. Apa itu yang dimaksud dengan model bisnis
  3. Apa itu business model canvas, mengapa dosen dan guru perlu memahaminya saat mengajarkan kewirausahaan
  4. Bagaimana cara mengisi business model canvas dengan baik dan benar
  5. Apa saja kesalahan – kesalahan mendasar dalam mengisi business model canvas
  6. Bagaimana menyempurnakan pengisian business model canvas

Alhamdulillah acara berjalan dengan seru dan lancar. Banyak sekali pertanyaan dari para peserta yang terdiri dari dosen dan guru terkait dengan business model canvas ini. Bagi para pembaca, apalagi yang saat ini berprofesi sebagai guru atau dosen kewirausahaan yang masih asing dengan apa itu business model canvas dapat menyimak rekaman pelatihan yang saya bawakan di artikel ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk rekan – rekan pengajar semuanya.

Satu tantangan besar dalam mengajarkan kewirausahaan adalah menyadari bahwa menjadi seorang wirausahawan tidak cukup hanya dibekali ilmu di dalam kelas. Menjadi seorang wirausahawan juga terkait dengan pola pikir dan sikap mental. Maka dari itu untuk para guru dan dosen yang mengajarkan kewirausahaan, menerapkan project-based learning dalam aktivitas belajar mengajar sangat dianjurkan. Jika ada yang tertarik mengetahui bagaimana susunan silabus untuk mata kuliah atau mata pelajaran kewirausahaan, maka pembaca dapat membuka tautan berikut ini.

Apabila Anda atau institusi pendidikan Anda saat ini ingin mengundang saya untuk memberikan pelatihan mengenai business model canvas, dengan senang hati saya akan menyanggupinya. Silakan kirimkan email ke arry.rahmawan(at)gmail.com, mengirim pesan pribadi melalui akun social media saya di @ArryRahmawan atau hubungi Ibu melinda di 0813 1844 2750.

Semoga bermanfaat!

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, kewirausahaan, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!