Uncategorized

Pentingnya Membangun Expertise

Saat kita mendengar nama BJ Habibie, kita akan langsung teringat bahwa beliau adalah mantan presiden RI sekaligus cendekiawan jenius yang sangat ahli di bidang dirgantara. Saat mendengar seorang yang bernama Sule, kita pun akan langsung teringat bahwa kang Sule ini merupakan seorang komedian handal yang mampu memancing gelagak tawa orang-orang yang menontonnya.

Jika nama kita didengar oleh orang lain, hal apa ya yang kira-kira akan teringat oleh mereka? Bahkan mungkin kita bisa sedikit ngeri jika ternyata yang diingat bukanlah hal-hal baik, namun justru hal-hal buruk dari diri kita.

Suatu hal yang kita ahli, menguasai, dan menjadi pembeda antara kita dengan yang lain dapat juga disebut sebagai expertise. Memiliki expertise dapat berarti memenangkan satu langkah persaingan karena jika nama kita disebut, maka kelebihan kita lah yang kemudian akan dimunculkan. Jika seseorang membutuhkan orang yang sesuai dengan expertise kita, maka tentu mereka tidak akan ragu untuk memanggil kita.

Hal ini berbeda dengan orang yang tidak memiliki expertise. Ada orang yang mengatakan, “saya adalah seorang generalis,” namun yang dimaksud dengan generalis pun adalah seorang yang memiliki expertise dalam bidang tertentu dengan cakupan yang lebih luas.

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan segala potensi dan kelebihannya masing-masing. Seringkali, seseorang yang belum memiliki expertise hidup di dalam bayang-bayang orang lain. Iri dengan kehidupan yang diterima orang lain, tanpa sadar bahwa sebenarnya dirinya juga memiliki potensi yang dahsyat.

Otak manusia tidak diciptakan untuk menerima semua hal (walaupun bisa, tetapi waktunya tidak cukup), maka gunakanlah untuk mengasah potensi dan bakat Anda menjadi expertise. Era informasi yang begitu deras saat ini juga menjadi ancaman untuk kita apabila kita tidak tahu ingin membangun expertise di mana karena kita juga tidak tahu informasi apa yang cocok dan tepat untuk kita pelajari. Berbeda jika kita sudah menetapkan hati untuk membangun expertise tertentu, dengan segala informasi yang mudah didapat, kita akan lebih fokus dan tajam dalam mengolah informasi yang memperkuat expertise diri kita.

Expertise apa yang Anda miliki? Jika belum ada, apa expertise yang ingin Anda bangun?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar