Uncategorized

Pentingnya Memiliki Guru yang Tepat

Sudahkah kita menuliskan apa yang ingin kita capai dalam hidup, karir, maupun target-target bisnis kita? Sebuah langkah pertama untuk bisa menjadi pribadi yang produktif dan mampu meraih apa yang kita impikan adalah menuliskannya. Dengan menuliskannya kita dapat mengetahui apa sih sebenarnya yang ingin kita kejar, dari situ kemudian kita tahu bagaimana strategi yang harus kita laksanakan untuk mencapai target yang kita tetapkan.

Jika kita tidak tahu apa tujuan dan target hidup kita, untuk apa kita hidup?

Maka jika belum memilikinya, segera tuliskan sekarang juga. Tentu saja belum terlambat. Setelah menuliskannya, tentu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana agar impian-impian yang kita tuliskan ini bisa tercapai.

Lima tahun perjalanan saya sebagai seorang pebisnis dan trainer membuat saya belajar cukup banyak hal tentang bagaimana meraih impian. Salah satu strategi yang paling mudah dan paling murah untuk mempercepat capaian dalam hidup kita adalah dengan menemukan dan belajar dari guru yang tepat.

Kita sekarang ini seringkali  menganggap bahwa selesainya kita belajar di sekolah maupun di kuliah adalah akhir dari proses belajar. Itu pun tidak semua guru (menurut kita) tepat untuk mengajarkan materi yang bagi kita membosankan sehingga menjadi sulit dimengeti. Jika itu yang kita rasakan, mengapa tidak mulai mencarinya?

Bahkan ketika kita sudah selesai sekolah/kuliah kemudian bekerja, berhentikah kita belajar? Teman-teman saya yang memiliki percepatan karir tinggi mengaku bahwa mereka memiliki guru di kantor mereka, atau bahkan mentor yang senantiasa mengajari mereka bagaimana kerja dengan baik dan tentu relevan dengan target yang sudah teman-teman saya tulis.

Mentor atau guru yang tepat itu bisa berupa teman atau kakak kelas (senior), guru/dosen, atasan, supervisor, manager, direktur, bahkan sampai orang-orang hebat sekalipun.

Ada salah satu trainer di CerdasMulia bernama Iwan yang benar-benar dahsyat dalam mencari guru untuk membentuk dirinya menjadi seorang trainer handal. Saat dia tahu bahwa perlu percepatan dalam mengembangkan kapasitasnya, dia mulai mencari seminar atau training yang diisi oleh trainer yang sesuai dengan kriteria dia untuk diangkat menjadi guru. Dia bayar seminar itu, setelah sesi dia dekati sang narasumber dan dia minta secara pribadi untuk menjadi gurunya. Dia mendapatkan alamat email pribadi, terus di follow up, dan ternyata kesungguhannya menjadi seorang trainer membuat sang guru menjadikannya salah satu asisten dan murid kesayangan. Dampaknya? Kapasitasnya meningkat dengan sangat pesat.

Ternyata, banyak orang hebat, penulis besar, narasumber, pembicara, yang sangat senang apabila kita meminta mereka menjadi guru kita, bahkan mentor. Kita saja yang kadang takut dan pesimis duluan bakal ditolak jika mengajukan keinginan untuk belajar dari mereka.

Contoh dalam berbisnis di masa awal yang buta, saya bersama teman-teman mencoba untuk mencari seorang guru, mentor, dan dapatlah saya dari Komunitas TDA bernama Pak Fauzie Abdullah. Namun itu belum cukup, karena pembelajaran tiada henti. Setelah kita bisa, tentu masih banyak orang yang lebih bisa dari kita untuk kita jadikan guru.

Memiliki mental pembelajar dan selalu mencari guru yang tepat seperti ini membuat kita selalu ingat kepada diri kita bahwa masih banyak dari kita yang lebih hebat. Jadi, untuk apa diri kita sombong?

Memilih guru yang tepat dapat dimulai dari mencari orang terbaik di bidang yang ingin kita pelajari. Setidaknya jika bukan terbaik secara luas, bisa dimulai dari yang terbaik di lingkungan kita. Setelah itu kita yang aktif bertanya dan belajar kepada mereka. Serap berbagai macam ilmu dan juga pelajari kebiasaan-kebiasaan mereka, dalam konteks hal yang ingin mereka pelajari.

Saya belajar dari salah satu guru saya, seorang trainer handal yang memiliki kebiasaan menulis setiap hari. Di tengah berbagai macam kesibukannya, dia masih produktif untuk menulis blog dan berbagai macam buku. Saya belajar bagaimana cara dia melakukannya, kemudian mengadopsi bagaimana dia melakukannya.

Jadi, siapakah guru Anda saat ini? Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!