Tips Akademik

Pentingnya Menciptakan Pikiran yang Lebih Fokus

Written by Arry Rahmawan

Beberapa waktu yang lalu, saya berdiskusi seru dengan Dr. Akhmad Hidayatno untuk mengaktifkan kembali budaya bedah buku dan sharing di lab SEMS. Jadi, kami para dosen berencana setiap dua pekan sekali ingin mendorong budaya knowledge sharing antar sesama asisten laboratorium di lab kami agar mereka bisa banyak belajar. Buku yang diusulkan untuk dibedah adalah Presence karya Amy Cuddy.

Saat ditanya kenapa buku ini yang dibedah, beliau menceritakan bahwa saat ini kita sulit sekali menemukan orang yang bisa mengatur fokus pikirannya sendiri. Apalagi, dalam kehidupan sehari – hari kita seringkali mendapatkan ‘notifikasi’ dan berbagai bunyi dari smartphone kita, yang membuat kita ‘kecanduan’ untuk mengeceknya. Hal ini menyebabkan fokus pikiran kita jadi terganggu.

Sehingga kita bisa prihatin saat melihat ada keluarga yang sedang berkumpul bersama namun asyik dengan smartphone nya masing – masing. Ada seorang mahasiswa yang sedang duduk di bangku kuliah tapi browsing hal lain. Bahkan, ada yang sedang ngobrol atau curhat, tapi juga diselingi dengan membuka smartphone. Betapa saat ini kita jarang ditemui bisa HADIR SECARA PENUH atas kegiatan yang kita lakukan. Kita sulit sekali FOKUS, untuk hadir secara penuh dan sadar melakukan sesuatu.

Fokus pikiran manusia dibagi menjadi dua : Bottom up focus dan Top Down focus. Bottom up, fokus yang timbul dari bawah ke atas adalah seperti yang saya bicarakan barusan. Di mana seringkali kita fokus terhadap hal – hal yang tidak kita rencanakan. Kita cenderung reaktif, dan mengarahkan fokus pikiran pada hal – hal yang di luar perencanaan kita. Bottom up focus adalah apa yang mayoritas dialami orang saat ini.

Sementara, top down focus adalah kondisi di mana kita bisa memfokuskan pikiran kita terhadap hal – hal penting yang memang kita ARAHKAN secara sadar bahwa kita harus melakukannya. Seperti misalnya ketika hari ini saya harus bisa menghasilkan sebuah artikel di blog, maka saya berupaya semaksimal mungkin memfokuskan pikiran saya agar tercipta artikel ini selama 20 – 30 menit tanpa gangguan fokus apapun. Saya berupaya hadir secara penuh atas apa yang saya lakukan, serta menikmati apa yang saya lakukan tersebut. Top down focus inilah yang menjadi kunci saya menghasilkan banyak hal. Misalnya saya bisa menulis artikel setiap hari, membawakan pelatihan, merancang modul pelatihan, yang sebenarnya membutuhkan waktu lama untuk dikerjakan namun ternyata bisa saya kerjakan dengan singkat.

Istri saya berkata, “mas, gimana caranya agar kita bisa menghasilkan banyak hal di waktu terbatas dan hasilnya berkualitas?”

Jawaban saya, “berpikirlah dengan top down focus. Hindari gangguan. Bahkan jika perlu saya menyimpan hape saya di dalam lemari yang terkunci, saya silent, atau saya matikan agar tidak mengganggu top down focus saya.”

Makanya, saya sangat setuju dengan usulan pak Akhmad untuk membedah buku presence ini. Memang itulah salah satu hal langka yang kita miliki saat ini. Semua yang kita lakukan senantiasa ‘disambi’ dan tidak fokus, sehingga mengurangi kualitas aktivitas kita sendiri.

Untuk mempelajari bagaimana meningkatkan fokus pikiran Anda secara top down, silakan Anda baca juga artikel saya tentang 8 Kebiasaan Utama yang Dimiliki oleh Orang Produktif

Sudahkah Anda bisa mengatur fokus pikiran Anda? Seberapakah tingkat presence atau kehadiran secara penuh yang Anda miliki?

Semoga renungan sederhana ini bermanfaat untuk kita semua agar semakin banyak karya yang dihasilkan.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!