Uncategorized

Perjalanan Menjadi Seorang Penulis

Studentpreneur Guidebook, buku yang saya tulis Oktober 2013 tahun lalu seolah mewujudkan impian pribadi saya yang sudah muncul sejak saya masih duduk di bangku SMP. Pada waktu itu, saya bercita – cita untuk dapat menjadi seorang penulis best-seller, di mana buku – buku yang saya tulis dibeli oleh banyak orang dan direkomendasikan oleh mereka. Alhamdulillah, buku ini menjadi salah satu buku best-seller untuk anak muda, mendapat banyak pujian karena isinya yang menarik, baru, dan mudah dicerna.

Orang seringkali melihat saya bisa menulis buku best-seller seolah itu adalah kemampuan yang muncul dalam satu malam saja. Banyak dari mereka yang terinspirasi agar dapat menulis buku dan menjadi best-seller juga. Sebenarnya jika boleh jujur, prosesnya tidak semudah itu. Buku Studentpreneur Guidebook adalah buku saya yang ke–6 (Bayangkan, ke–6!), namun buku inilah yang pertama kali sukses di pasaran. Jadi, buku sisanya bisa dibilang tidak terlalu baik penjualannya.

Perjalanan saya menjadi penulis kalau saya ingat dulu dimulai dari menulis di buku tulis sewaktu SMP. Dulu saya suka sekali menulis tentang hal – hal fiksi. Berharap teman – teman saya pada waktu akan membaca tulisan – tulisan yang saya tulis. Namun, ternyata respon teman – teman saya tidak terlalu baik. Ada yang bilang tulisan saya garing, jelek, alurnya tidak jelas, dan hanya membuang waktu mereka.

Tahun 2007, saya mulai aktif ngeblog di dunia maya. Di sana saya mencoba untuk berbagi (bukan mengajari) apa yang saya ketahui ke publik lewat blog saya. Saya pikir, ngeblog itu gampang! Ya, saya melihat banyak teman saya yang punya blog mendapatkan banyak pujian, komentar baik, dan berbagai sambutan antusias lainnya dari pembaca mereka.

Saya pun mencoba ngeblog.

Saya lihat statistik blog, blog saya hanya dikunjungi 10 orang saja per harinya. Tidak ada komentar, tidak ada feedback, saya pun tidak tahu apakah tulisan saya bagus atau tidak di blog tersebut.

Namun, saya kemudian tidak menyerah. Mungkin karena saya kurang mengoptimalkan judul, atau mungkin memang alur tulisan saya yang buruk. Sejak tahun 2010 saya memutuskan untuk menulis setiap hari di blog saya ini, namun baru terdokumentasi penuh sejak tahun 2012. Terserah apakah orang akan mengejek saya atau bagaimana, yang penting saya ingin berkonrtibusi mengubah bangsa ini dengan tulisan – tulisan saya. Saya pun kemudian membandingkan pola tulisan saya pada tahun 2010, 2012, dan 2014 seperti saat ini. Ternyata memang pada saat saya menulis awal di tahun 2010, saya merasa tulisan saya culun sekali. Jauh lebih culun dari tulisan saya di tahun 2014. Pada tahun 2012 perkembangannya sudah lumayan, hingga akhirnya di tahun 2014 ini saya sudah menghasilkan beberapa buku. Salah satu buku yang berhasil saya tulis menurut saya adalah Studentpreneur Guidebook. Saya juga menjadi beberapa kontributor pada portal – portal kreatif seperti Selasar, Do.Inc, Detik, Republika, dan portal – portal kreatif lainnya.

Intinya, bagi saya sendiri menulis butuh proses. Apakah saya cinta dengan menulis? Pada awalnya tidak sama sekali. Awalnya justru bahkan saya merasa saya tidak bisa menulis dan apa yang saya tulis tidak layak untuk dikonsumsi. Sampai akhirnya setelah perjalanan lebih dari 5 tahun lamanya saya merasa bahwa menulis adalah bagian penting dari hidup saya. Bahkan saya juga menulis tentang mengapa sebenarnya setiap orang itu bisa menulis.

Apakah menurut Anda tulisan saya bermanfaat? Saya juga sering sharing via Twitter dan BBM saya. Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF untuk mengundang saya untuk memberikan seminar atau pelatihan pengembangan diri.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar