High Performance Me

Pilih Mana, Menjadi Seperti Penyu atau Seperti Ayam?

Kemarin saat sedang berbincang-bincang ringan dengan @KakBeky dan @arifabusalsabil, saya  mendapatkan sebuah inspirasi yang sangat menarik. Kalau kata @KakBeky dan @arifabusalsabil sih, ini berasal dari Pak Fauzun ketua TDA Wilayah Semarang sewaktu mereka bersilaturahim ke rumah beliau yang sayangnya pada waktu itu saya tidak ikut karena harus pulang.

Pesannya sederhana pada waktu itu, “Jadilah pebisnis atau pelajar yang seperti penyu dan jangan menjadi pebisnis yang seperti ayam.” Penasaran apa maksudnya? Baca artikelnya lebih lanjut! ^^

Kenapa ya kok kita ‘dihimbau’ untuk menjadi pebisnis yang seperti penyu dan bukan pebisnis seperti ayam? Sekarang coba pikirkan hal yang sederhana ini. Seekor penyu itu, kalau sekali bertelur itu bisa banyak sekali. Tetapi lihat, saat seekor penyu itu bertelur sebanyak itu dia tetap stay cool, kalem, rendah hati. Satunya lagi coba kita lihat si ayam. Kalau ayam, sekali bertelur yang hanya bertelur satu, tetapi langsung gaduh dan teriak ke sana kemari.

Kalau dilihat dalam kaitan sebagai seorang pebisnis, benar juga sih ya. Apalagi pebisnis-pebisnis muda nih. Biasanya baru memiliki omzet yang seberapa dan tidak terlalu besar sudah berkoar ke sana kemari, tetapi saat dicek lebih lanjut ternyata bisnisnya belum stabil bahkan sangat rapuh. Dengan bisnis yang sebegitu rapuh saja, biasanya sudah berkoar-koar , posting sana-sini di sosial media, minta diliput sana sini, minta diundang jadi pembicara di sana sini, pas dilihat lebih dalam, bisnisnya masih kopong. Seringsekali saya melihat yang seperti ini. Tipe ini seperti apa? Ya. Ini adalah tipe-tipe seperti ayam.

Berbeda dengan mereka si pebisnis tipe penyu. Pebisnis tipe penyu itu walaupun sudah beromzet dan memiliki keuntungan yang sangat banyak, bisnisnya di sana-sini, cabangnya di mana-mana, tetap kalem, rendah hati, dan stay cool. Bisnisnya padahal stabil dan bagus, tetapi mereka benar-benar akan membuka diri jika memang sudah waktunya dan benar-benar sudah menjadi seorang pengusaha yang berhasil dan tangguh untuk menginspirasi pengusaha yang lainnya.

Ini sama juga untuk mahasiswa atau pelajar. Ingin menjadi seperti penyu, atau menjadi seperti ayam? Jangan-jangan selama ini kita tidak memiliki prestasi atau baru 1-2 prestasi saja kita sudah berkoar-koar seperti ayam. Sementara teman-teman kita yang sudah memiliki ratusan prestasi tetap stay cool dan kalem hingga mereka benar-benar menjadi seseorang yang berpengaruh dan layak diperhitungkan.

Terus bagaimana kalau selama ini tujuan kita untuk menginspirasi orang lain? Bagaimana jika kita ingin menularkan semangat bisnis atau prestasi kita walaupun hanya 1 atau 2 hal saja? Boleh kok, sangat boleh sekali. Cuma lakukanlah sewajarnya dan sejujurnya, kalau bahasa kaskus itu no tipu-tipu lah. Kaya misalkan ada teman saya yang bisnis kuliner dan sudah membuka 2 cabang. Dia selalu bilang profitnya jutaan rupiah setiap bulan. Posting FB di sana-sini, Twitter mencuap-cuap. Tetapi saya lihat booth makanan dia selalu sepi. Bagaimana mungkin dia bisa menghasilkan profit yang besar? Ternyata benar, 2 bulan kemudian seluruh cabangnya tutup dan akhirnya dia tidak lagi dipercaya sama orang.

Dalam hal apapun, nama baik dan reputasi kita akan sangat penting. Tetapi ada beberapa orang dan teman yang memang ‘kurang sabar’ menunggu sampai waktu yang tepat tiba untuk menjadi populer dan dikenal karena prestasi atau bisnis-bisnis yang dirintis. Padahal, jika menunggu sedikit lagi dan menjadi orang yang sabar menunggu seperti penyu sampai prestasi-prestasi yang ada itu benar-benar menggebrak, seisi dunia-akhirat insyaAllah akan mengaguminya. Dengan catatan semuanya dilakukan dengan kejujuran dan cara-cara yang benar.

Salam CerdasMulia.

Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Follow @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!