High Performance Me

Put Invest in Yourself

Put Invest in Yourslef - arryrahmawan.netBeberapa pesan masuk ke email saya terkait konsultasi dari beberapa orang yang merasa bahwa mereka sudah memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan, namun bukan kenaikan pangkat yang didapat, malah tugasnya yang semakin banyak. Pertanyaan mereka sederhana, “kenapa saya tidak kunjung mendapatkan promosi?”

Hal ini mungkin tidak hanya untuk promosi jabatan, tapi bisa juga terjadi dalam kehidupan kita. Bisa saja kita merasa sudah memberikan yang terbaik, namun ternyata hasil yang kita dapatkan masih belum sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pertanyaannya, sudahkah kita berinvestasi untuk diri kita? Apa saja investasi yang perlu agar diri kita bisa semakin berkembang?

Saya mempelajari tentang bagaimana mengalokasikan investasi untuk diri kita ini dari Bu Eileen Rachman. Sebagai seorang pakar di bidang HR, beliau tahu persis mengapa ada seorang yang bisa dipromosikan dengan cepat, namun di sisi lain ada yang tidak kunjung mendapatkan promosi atau perbaikan hidup. Ternyata, mereka lupa untuk membuat investasi untuk menunjang karir dan kehidupan yang lebih baik.

Investasi pada Keterampilan Manajerial

Selama ini mungkin kita merasa sudah melakukan tugas dengan baik. Mengumpulkan tugas tepat waktu dengan kualitas yang prima. Namun, mengerjakan tugas kita sehari-hari memiliki kebutuhan ketrampilan yang  berbeda jika kita mencapai posisi yang lebih tinggi. Keterampilan teknis yang kita kuasai, belum tentu menjamin keberhasilan kita dalam memimpin orang dan mengatur cakupan tanggungjawab organisasi yang lebih besar.

Jadi, sudahkah kita berinisiatif untuk menginvestasikan diri dalam keterampilan ini? Selain berkutat dengan tugas harian, ambil kesempatan yang memiliki tantangan lebih besar, seperti memimpin proyek, mengambil pelatihan manajemen, dan lain sebagainya yang mendukung peningkatan kapasitas manajerial Anda.

Investasi pada Portfolio Sosial

Jaringan merupakan salah satu aset penting bagi pengembangan karir dan hidup. Jika ada kesemptan, perluas jaringan pertemanan Anda. Sapa orang-orang penting, pastikan bahwa diri kita dikenal oleh orang yang tepat. Ada profesional yang hanya bisa menyebutkan relasi sekitar sepuluh hingga dua puluh orang, namun ada juga yang bisa menyebutkan hingga ratusan dengan kualitas yang baik pula. Tidak jarang, untuk mengangkat seorang manajer, pada saat wawancara yang ditanya adalah siapa tetangganya! Portfolio sosial bukan hanya kita kenal dengan siapa, namun juga siapa saja yang kenal dengan diri kita.

Investasi pada Perangkat Kerja

Buat saya, perangkat kerja yang tepat akan sangat membantu diri kita bekerja dengan lebih produktif. Misalnya untuk mendukung aktivitas menulis saya, saya memiliki galaxy note 10.1 yang siap menemani untuk membuat sketsa ide dan tulisan-tulisan saya. Untuk komunikasi, saya memiliki iPhone 4S yang sangat membantu saya untuk menjelajah informasi dan mengaktifkan social media yang saya miliki. Untuk bekerja, ASUS Netbook saya selalu saya bawa ke mana-mana. Selain ukurannya ringkas, baterainya juga tahan lama. Penting juga untuk diperhatikan bahwa diri kita selalu siap untuk dihubungi. Tidak ada lagi alasan, “aduh HP saya off…”. Sewaktu saya ke Jepang, saya pernah ‘disentil’, jika diri kita tidak bisa mengatur handphone, bagaimana mengatur hal yang lebih besar?

Investasi pada Kesehatan

Saya pun memiliki kekurangan dalam hal ini, namun tidak dipungkiri investasi pada kesehatan menjadi sangat penting untuk mendukung aktivitas dan kinerja kita. Jika kita sering sakit-sakitan, bagaimana mungkin kita bisa dipercaya menangani suatu hal yang besar? Bisa-bisa, banyak peluang yang lepas hanya karena kita sering sakit. Makan teratur dan bergizi, tidur yang cukup, check-up ke dokter, adalah beberapa cara sederhana untuk berinvestasi di kesehatan Anda.

Investasi pada Kebiasaan

Make your habits! Jika kita ingin mendapatkan kehidupan atau karier yang lebih baik, maka lihat terlebih dahulu kebiasaan apa yang kita miliki. Bandingkan dengan kebiasaan orang-orang yang kita kagumi atau mereka yang ada di atas kita. Apa yang berbeda? Di mana gap nya? Coba kurangi gap tersebut, bentuklah kebiasaan baru yang meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup Anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Apa komentar Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!