Uncategorized

Rahasia Menjadi Trainer Profesional yang Handal

Beberapa saat lalu saya mendapatkan permintaan oleh seorang teman yang ingin saya menulis tentang tips dan trik untuk menjadi trainer. Saya teringat sewaktu saya mulai merintis karir sebagai trainer profesional di sebuah perusahaan, di mana pada waktu itu trainer merupakan salah satu profesi yang masih jarang dipilih oleh orang lain. Waktu itu sekitar 6 tahun lalu, di mana saya mulai belajar bagaimana menjadi seorang trainer profesional yang handal, tentu hingga saat ini.

Dalam perjalanannya, saya seringkali bertemu dengan banyak trainer-trainer hebat luar biasa. Beberapa di antaranya yang mungkin juga Anda kenal adalah Jamil Azzaini, Bahroin Suryantara, Ari Ginanjar Agustian, Ridwan Mukri, Indrawann Nugroho, dan banyak nama-nama trainer top lainnya. Dari mereka saya belajar ada 3 hal yang merupakan rahasia bagaimana menjadi trainer profesional yang handal. 

Baik Anda yang saat ini baru mulai untuk terjun sebagai trainer, atau bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia trainer, tentu ingin mengetahui rahasia ini dengan lebih dalam lagi agar bisa menjadi trainer yang lebih baik lagi. Apa sajakah rahasia itu?

Interest

Rahasia pertama yang perlu diketahui agar menjadi seorang trainer yang handal adalah memiliki ketertarikan yang kuat dalam dunia pelatihan dan materi khusus terkait apa yang dilatih. Jika yang Anda maksud trainer di sini adalah motivator, sebenarnya trainer lebih luas dari itu karena trainer bisa melatih berbagai macam hal, yang intinya adalah menanamkan pengetahuan dan keterampilan kepada trainee nya.

Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki interest atau ketertarikan yang tinggi terhadap dunia pelatihan dan juga materi yang ingin Anda ajarkan? Trainer handal selalu menekankan bahwa mereka bisa hebat seperti sekarang ini karena memang mereka tertarik, cinta dengan dunia pelatihan, yang kali ini dapat disingkat menjadi: passion.

Skill & Abilities

Interest saja tidak cukup, melainkan seorang trainer perlu melengkapi diri dengan keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang trainer yang handal. Keterampilan dan kemampuan yang paling umum dari para trainer terbaik adalah:

  • Keterampilan Public Speaking dan storytelling yang sangat memukau
  • Keterampilan membaca efektif dan cinta buku (pembelajar tangguh)
  • Kemampuan untuk mengonsep sebuah pelatihan efektif
  • Kemampuan menulis dan merancang slide yang efektif
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
  • Berpikir kreatif dan solutif terhadap masalah yang ada
  • Training & Facilitator Skill yang baik

Tentu saja keterampilan-keterampilan ini tidak didapatkan dalam waktu yang singkat. Terhitung dalam pengamatan saya tidak lebih dari 10% trainer hebat yang memiliki bakat keterampilan tersebut dari lahir. Sisanya berlatih keras dan berusaha meningkatkan jam terbangnya hingga minimal mencapai 10.000 jam.

Personality

Aspek ketiga ini tidak kalah penting jika ingin menjadi seorang trainer profesional yang handal. Personality merupakan identitas yang perlu melekat dalam diri seorang trainer secara kepribadian: integritas dan kejujuran. Integritas dalam arti seorang trainer memiliki beban untuk senantiasa bertindak sesuai dengan apa yang dikatakan dan dituliskan. Jujur dalam arti membawakan materi karena tulus untuk mengembangkan orang lain. Banyak trainer yang hanya silau karena melihat kesuksesan trainer lainnya namun lupa bahwa trainer terbaik lahir dari karakter dan prestasi yang memang murni, tidak dibuat-buat.

2 tahun saya menjadi trainer untuk pelatihan menulis dan blogging, di mana dalam pelatihan tersebut saya selalu mengatakan kepada trainee untuk membiasakan untuk menulis jika memang ingin menjadi penulis handal. Di sinilah letak sulitnya menjadi trainer, yaitu menjadi teladan dan bertanggungjawab atas apa yang diajarkan. Saya pun akhirnya memaksa diri saya untuk menulis dengan rutin.

Itulah 3 rahasia bagaimana menjadi seorang trainer profesional yang handal. Miliki ketiganya, terus kembangkan, dan selamat Anda sudah memiliki modal utama untuk menjadi trainer handal.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!