Uncategorized

Rakernas Komunitas Tangan Di Atas 2013

Pada tanggal 13-14 Juni 2013 lalu, saya berkesempatan untuk hadir pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas TDA tahun 2013. Acara ini diselenggarakan di Hotel Wijaya Kartika, Batu Jawa Timur selama 2 pekan. Rakernas ini merupakan rakernas TDA yang ketiga dan merupakan rakernas perdana yang dihadiri oleh TDA Kampus. Rakernas TDA dihadiri oleh lebih dari 40 ketua dan perwakilan TDA wilayah di seluruh Indonesia.

Di usianya yang baru 1,5 tahun, alhamdulillah TDA Kampus sudah berhasil untuk menggerakkan kewirausahaan di kampus-kampus Indonesia. Pada rakernas TDA kali ini, TDA Kampus mendapat arahan dan kesempatan untuk memaparkan program kerja selama setahun ke depan. Apa sajakah itu? Berikut adalah sedikit poin penting  ringkasan hasil dari Rakernas lalu, terutama untuk TDA Kampus.

Rakernas TDA ini memiliki agenda utama untuk membahas program-program kerja yang akan dijadikan acuan secara nasional untuk TDA Kampus bergerak. Berikut adalah arahan-arahan dari komunitas TDA nasional sebagai pusat penggerak untuk TDA Kampus  terkait program kerja yang perlu dilakukan.

Pengurus TDA adalah Pelayan

Setia pengurus TDA adalah pelayan. Pengurus TDA itu sederhana, humble, dan merupakan pelayan bagi anggotanya. Sebuah prinsip yang sangat saya suka karena sudah dicontohkan oleh Pak Fauzi Rachmanto dan ketua-ketua TDA wilayah lainnya. Jadi, bersiaplah bahwa jika Anda ingin menjadi pengurus TDA, bukan lagi berpikir tentang ‘apa yang saya dapat di TDA’, tetapi sebaliknya, apa yang bisa saya lakukan dan berikan untuk TDA ini.

4 Hal yang Perlu difasilitasi TDA Kampus

1,5 tahun perjalanan membuat TDA Kampus perlu untuk selalu berbenah dan memperbaiki diri. Sebagai salah satu badan baru di Komunitas TDA, ada 4 hal yang perlu difasilitasi oleh TDA Kampus untuk anggotanya, keempat hal tersebut adalah:

  • Pembentukan spirit wirausaha yang lurus
  • Pembentukan wawasan dan keterampilan bisnis yang smart
  • Eksekusi dalam membangun atau menjalankan bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai TDA
  • Proyek patungan usaha yang digunakan untuk memperkuat TDA dalam berbisnis dan berkontribusi bagi masyarakat.

Keempat hal itu yang akan menjadi pendorong utama TDA Kampus untuk bergerak, dan setiap program kerja yang dilakukan mengacu pada keempat hal itu.

Saya diberikan kesempatan untuk memaparkan program-program TDA Kampus, termasuk bagaimana cara menduplikasi atau membuat komunitas TDA Kampus ini di wilayah-wilayah. Jadi, jika di wilayah Anda belum ada komunitas TDA Kampus, Anda bisa memulai untuk membuatnya di wilayah Anda. Berikut adalah slide nya,

Dalam rakernas kali ini juga dilakukan pelantikan seluruh ketua-ketua TDA wilayah dan TDA Kampus seluruh Indonesia.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!