Uncategorized

Read, Meet, and Train Yourself

Tidak terasa, semenjak diluncurkan pada Maret 2014 lalu, Young Trainer Academy sudah menuju angkatan 8. Sebagai seorang instruktur utama yang paling muda (24 tahun) dibandingkan 2 instruktur profesional lainnya,  di angkatan pertama saya cukup yakin bahwa saya bisa menjadi seorang instruktur yang profesional. Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata kapasitas peserta Young Trainer Academy semakin lama semakin meningkat. Baik dari segi usia, pengalaman, maupun jabatan, semakin lama peserta Young Trainer Academy itu membuat saya semakin jiper.

Bayangkan saja, ada peserta di angkatan 3 yang merupakan seorang certified life coach, penulis 17 buku. Di angkatan 4, ada penerima rekor muri sebagai penulis buku termuda, di angkatan 5, ada seorang instruktur manajemen kualitas korporat yang bukunya sudah di mana – mana. Jujur, melatih peserta Young Trainer Academy itu merupakan salah satu tantangan menarik yang harus saya hadapi, terutama untuk bisa menjadi instruktur utama yang bisa dipercaya. Sehingga, diri saya terus terpacu untuk bisa belajar lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat agar diri saya terus ter upgrade.

Pernah saya chit-chat dengan salah satu peserta YTA. Dia bertanya, sudah berapa lama saya menjadi trainer dan instruktur pelatihan profesional? Saya bilang, saya sudah memulai belajar tentang pelatihan sejak tahun 2006 dan baru memulai karir profesional di tahun 2010. Berarti ya mungkin baru sekitar 4 tahunan saya menjadi seorang trainer. Sementara peserta saya itu, saya tahu adalah seorang trainer profesional kawakan yang sudah malang melintang di dunia pelatihan. Bahkan, sudah menghasilkan ribuan alumni pelatihan korporat.

Saya tercengan, kok dia mau mendengarkan saya dan nrimo (bahasa Jawa – menerima) kalau saya menjadi instrukturnya yang jauh lebih muda. Dia kemudian berkata kepada saya,

“Saya melihat mas Arry itu walaupun masih muda dan pengalamannya baru beberapa tahun namun capaiannya mengalahkan saya yang sudah puluhan tahun.”

Jujur saya bingung.

“Kadang, kita perlu melihat ketika seorang mengatakan sudah berpengalaman 10 tahun, apakah itu berarti benar – benar 10 tahun, atau pengalaman 1 tahun yang diulang – ulang selama 10 kali. Saya merasa, saya adalah orang yang kedua.”

Nah, kalau yang ini saya mulai paham. Tapi pertanyaan dia tidak berhenti sampai di sana,

“Gimana sih caranya mas Arry di usia masih 24, sudah punya lembaga pelatihan CerdasMulia, menghasilkan ribuan alumni, menulis buku, jadi dosen, jadi instruktur utama, blogger aktif, itu gimana caranya mas? Boleh dong berbagi rahasianya?”

Nah, pertanyaan ini membuat saya semakin bingung. Akhirnya saya jawab seperti ini,

“Saya hanya mengamalkan apa yang senior dan guru saya ajarkan kepada saya untuk terus berkembang. Ada 3 hal : READ, MEET, TRAIN. Bacalah, Bertemulah, dan Berlatihlah.”

READ (membaca), MEET (bertemu), dan TRAIN (berlatih), 3 hal inilah yang saya lakukan. Saya selalu punya prinsip, sebagai seorang trainer kita perlu menyeimbangkan antara mengeluarkan ilmu dengan mendapatkan ilmu. Read, Meet, and Train adalah cara saya untuk terus – menerus mendapatkan ilmu yang bahkan sering dibilang ‘melampaui’ orang – orang seusia saya.

READsaya terbiasa membaca buku 3 judul per pekan

MEETsaya terbiasa bertemu atau melihat penampilan expert untuk belajar lebih banyak

TRAINsaya melatih ilmu – ilmu yang saya dapatkan agar menjadi lebih paham

Ketiga hal di atas membuat saya menjadi lebih piawai dalam beberapa hal. Seperti misalkan menulis blog, yang tadinya saya nge-blog membutuhkan waktu hingga 2 – 3 jam untuk menulis artikel, sekarang hanya memerlukan waktu 30 – 45 menit saja. Waktu yang diperlukan jauh berkurang, namun hasil dan kualitasnya lebih baik. Bagaimana melatihnya? Begitu pula kemampuan public speaking, berwirausaha, kepemimpinanan, dan lain sebagainya. Saya menggunakan pendekatan yang sama. Just read, meet, and train yourself everyday!

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja@ArryRahmawan

#UPDATE : Bagi Anda yang ingin mengasah ketermapilan berbicara di depan publik, jangan lupa ikuti program #YoungTrainerAcademy8 | 13 – 14 Juni 2015 di Bogor. Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klikdaftar.youngtraineracademy.com atau hubungi 0856-5547-8810 (Hadi).

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar