Uncategorized

Refleksi di Akhir Tahun 2012

“Sebuah kerja keras yang dilandasi niat yang baik, pasti akan Allah permudah jalannya. Sesulit apapun kelihatannya, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah swt.”

Tinggal beberapa menit lagi, lewatlah tahun 2012 dan kita akan sama-sama memasuki tahun 2013. Ledakan-ledakan kembang api di langit, terompet yang ditiup, dan kegembiraan yang membuncah (ciaah, bahasanya…) menandai rasa sukacita kita masih diberi kesempatan untuk berganti tahun. Saya yakin akhir tahun 2012 merupakan tahun sukacita karena secara faktual ramalan kehancuran bumi yang akan terjadi 21-12-2012 itu tidak jadi dan hanya isu belaka. Alhamdulillah, Allah masih memperpanjang jatah hidup kita semua (karena emang bisa aja kalo Allah mau di tanggal segitu kiamat, besok pun juga bisa).

Untuk mensyukuri nikmat bahwa saya masih diberi kesempatan untuk bertemu tahun 2013, saya mempersiapkan dua buah tulisan. Tulisan pertama adalah refleksi perjalanan saya di akhir tahun 2012, dan satunya lagi adalah resolusi 2013 saya yang nanti akan saya beberkan di tulisan berikutnya. Penasaran apa saja dan bagaimana serunya perjalanan saya di 2012? Yuk, kita baca tulisan lengkapnya. ^^

Saya jadi ingat persis tahun lalu, di tahun 2012 saya membuat apa yang namanya Resolusi 2012 yang saya tulis di blog lama saya. Di sana saya menceritakan segala macam refleksi tahun 2011 dan juga resolusi saya di tahun 2012. Berawal dari resolusi 2012 itulah kemudian muncul blog ini yang alhamdulillah dapat ditulis secara konsisten, hehe.. Resolusi bagi saya adalah sebuah komitmen perubahan dan capaian. Resolusi adalah sesuatu yang serius (tapi juga santai aja, hehe..)

Perjalanan 2012 ini saya awali dari sebuah komitmen kuat untuk bisa menulis lebih banyak, lebih powerful, dan lebih baik untuk menginspirasi pemirsa semuanya agar memiliki semangat nyata menjadi lebih baik. Berawal dari sebuah blog lama saya di blogspot, akhirnya saya bentuk menjadi sebuah blog personal dengan domain arryrahmawan.com di bulan Mei 2012 dan karena pengunjungnya banyak, website itu down pada Agustus 2012 dan saya terpaksa ganti menjadi arryrahmawan.net. Jadi bisa dibilang, blog yang rekan-rekan baca sekarang ini baru go online pada bulan Agustus 2012 tepatnya setelah lebaran. *nyengir*. 2012 is my commitment year to reach all of my dreams.

Oh iya, kembali ke komitmen dalam menulis. Sesuai dengan resolusi 2012, jadi harus ada peningkatan produktivitas dalam menulis dong ya. Alhamdulillah di tahun 2012 ini, jika dalam satu tahun ada 366 hari (kabisat cuy), saya sudah menulis artikel untuk blog ini kurang lebih 317 tulisan, dan mendapatkan 284 komentar dari berbagai blogger seluruh Indonesia. Ini belum ditambah tulisan saya di media massa. Lumayan untuk blog yang baru online 4 bulan (walaupun saya mulai blogging sejak 2007). Selain itu, beberapa buku tambahan alhamdulillah sudah diluncurkan, 99 Kisah Motivasi Penyejuk Hati dan SimplyProductive: Prinsip Sederhana dalam Membangun Produktivitas. Saya juga sedang menggarap buku inspirasi wirausaha bersama Kakang Agung dan buku tentang studentpreneur yang akan diterbitkan 2013 nanti.

Satu hal di luar dugaan saya adalah, saya mendapatkan mendapatkan Penghargaan Pena Emas PPSDMS 2012 dan berhasil menyisihkan lebih dari 500 alumni PPSDMS (di mana merupakan mahsiswa/i strategis Indonesia). Alhamdulillah banget, seperti mimpi deh. ^^ Selain itu karya tulis saya mendapat kesempatan untuk dipresentasikan di PIMNAS XXV Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan tahukah sahabat bahwa saya tu udah ngidam pengen bisa ikut di PIMNAS dari tahun pertama kuliah, dan baru kebayar di tahun ketiga. ^^ Saya juga berhasil memenangkan beberapa lomba lain, di antaranya adalah memenangkan kompetisi blogging nasional dengan tulisan saya Memanfaatkan IT untuk bangsa, yang tembus menjadi tulisan favorit dari Komunitas blog Jawa Timur. Rasanya belum afdol kalau bisa memberikan tulisan untuk media massa, kenapa? Agar manfaatnya bisa dirasakan menjadi lebih baik. Tapi rasanya seperti mimpi karena sebelumnya tulisan saya selalu ditolak oleh media. Tapi, yang terjadi di tahun 2012 ini sangat luar biasa. Media lah yang kemudian mendekati saya dan memudahkan saya untuk menyampaikan hal yang ingin saya sampaikan. Jadilah saya nongol di Republika, Cahaya Ramadhan, JakTV, Wartakota, dan lain sebagainya. Dari beragam capaian tersebut, alhamdulillah saya didaulat sebagai Runner Up Mahasiswa Istimewa Berprestasi Fakultas Teknik UI 2012.

Bisnis gimana nih di tahun 2012? Wah, sejak berdirinya CerdasMulia Leadership and Training Center, belum pernah saya merasakan sebaik ini. Email dan BB selalu bunyi tanda banyak yang minta diadakan pelatihan CerdasMulia. Tahun 2012 ini CerdasMulia muter-muter ke berbagai tempat di Pulau Jawa. CerdasMulia sekarang memiliki 10 orang inspirator yang siap untuk mengabdi menyebarkan inspirasi kepada generasi muda. Di tahun 2012 ini saya bersama teman-teman juga menggagas terbentuknya Komunitas TDA Kampus pada Maret 2012 dan sekarang sudah punya dua ‘anak’, yaitu TDA Kampus Semarang di Juni 2012 dan TDA Kampus Jogja pada Desember 2012 kemarin, masih greess. Memang yang namanya niat baik akan selalu dimudahkan. Silaturahim pun semakin mantap dengan adanya komunitas ini. Kita bisa saling berbagi dan menasihati. Silaturahim pun bisa memperpanjang umur dan memperluas rezeki. Dahsyat!

Kalau sahabat baca di resolusi 2012 saya, di situ saya membuat sebuah mimpi untuk bisa pergi ke London, UK di tahun ini. Tapi apa daya, Allah menggantinya dengan yang lebih baik. Sebenernya mimpi untuk ke luar negeri gratis tanpa bayar adalah mimpi yang sepertinya gila bagi orang seperti saya yang tidak terlalu lancar bahasa Inggrisnya. Tetapi memang jika kita meminta kepada Allah dan membuat proposal hidup, itu semua dimudahkan. Saya mendapatkan full scholarship to attend student exchange in Japan di bulan November 2012 kemarin tanpa mengeluarkan sepeser pun. Ada kali jika ditotal-total tuh menghabiskan sampai lebih dari 100 juta rupiah atau 100.000 yen. Tak ada London, Tokyo pun jadiSaya pun berhasil membuat jaringan internasional dan mendapatkan banyak teman dari Jepang, Thailand, dan Vietnam.  Tapi insyaAllah untuk ke London sih bulan Maret deh kalau tidak ada halangan (nanti baca aja ya di resolusi 2013, hihi..)

Dari segi kuliahnya alhamdulillah semakin mantep lancar jaya. Menuju skripsi, sudah mengambil 135 SKS dan IPK masih bertengger di atas 3.7 dengan predikat Cum Laude. Pada tahun ini juga alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa DIKTI untuk program fastrack, sehingga saya setelah lulus S1 langsung melanjutkan S2 secara akselerasi (ya, semester ini saya sudah dinyatakan sebagai mahasiswa pascasarjana semester 1). Saya seneng belajar sih, apalagi ilmu-ilmu TI jadinya ya ngambilnya TI lagi deh, hehe..

Yap, itulah beberapa refleksi di tahun 2012 yang alhamdulillah bisa ditutup dengan cukup gemilang (walaupun ga gemilang-gemilang banget). Semoga di tahun 2013 nanti kita bisa semakin banyak berkarya dan membuat hidup kita jadi lebih baik, bermanfaat, bermartabat.

Terakhir saya mengutip tulisan mbak Helvy di Risalah Cinta,

“Saya tak tahu, berapa waktu yang tersisa untuk saya. Satu jam, satu hari, satu tahun, sepuluh, lima puluh tahun lagi? Bisakah waktu yang semakin sedikit itu saya manfaatkan untuk memberi arti keberadaan saya sebagai hamba Allah di muka bumi ini? Bisakah cinta, kebajikan, maaf dan syukur selalu tumbuh dari dalam diri, saat saya menghirup udara dari Yang Maha Esa?”

Bagaimana dengan refleksi tahun 2012 Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!