High Performance Me

Resolusi 2014, Semangat!

 

Resolusi adalah sebuah visi, bukan sekedar halusinasi. Resolusi adalah cuplikan masa depan, selama kita komitmen untuk mengejanya

Tahun 2014 sudah tiba, dan tentu salah satu hal paling mengasyikkan dalam memasuki tahun baru ini adalah menyusun impian serta komitmen-komitmen baru yang akan kita capai di tahun 2014. Menyusun resolusi 2014 ini buat saya adalah salah satu aktivitas yang bermanfaat, karena pada titik inilah saya kemudian bisa mengevaluasi diri saya, sekaligus menghasilkan komitmen-komitmen apa saja yang akan saya capai di tahun 2014 nanti. Banyak orang pesimis dengan resolusi yang dibuatnya dan membiarkan itu hanya sebatas tulisan. Buat saya, resolusi adalah sebuah komitmen sakral yang perlu ditindaklanjuti dengan aksi nyata. Resolusi adalah sebuah visi yang jelas. Resolusi adalah sebuah impian. Resolusi adalah cuplikan masa depan kita seperti apa. Memiliki resolusi menandakan bahwa seperti itulah kita akan menuju dan enaknya kita sendiri yang menentukan ke mana diri kita akan berjalan. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki arah yang jelas dalam hidupnya, maka hidup mereka lebih mudah disetir oleh orang lain. Dengan catatan, resolusi ini benar-benar ditindaklanjuti dalam aksi-aksi yang nyata agar tidak menjadi sekedar halusinasi.

Untuk membuat resolusi tahun 2014 ini, saya membaginya menjadi 2 jenis resolusi. Pertama adalah resolusi kebiasaan/rutinitas, kedua adalah resolusi capaian. Kedua hal ini sebaiknya ditulis dalam bentuk yang spesifik dan membangkitkan semangat, bukan hanya sekedar kata-kata abstrak. Sebagai contoh, jika resolusi kita adalah “membahagiakan orang tua” maka hal ini kurang bisa menggambarkan seperti apa yang kita lakukan nanti. Buat yang lebih spesifik dan membangkitkan semangat seperti, “Mendaftarkan orang tua pergi haji dengan biaya sepenuhnya ditanggung saya.” Hal kedua ini lebih jelas dibandingkan dengan yang pertama.

Oke, tanpa panjang lebar lagi inilah resolusi 2014 saya, semangat!!!

Resolusi Kebiasaan atau Rutinitas

Resolusi kebiasaan atau rutinitas adalah resolusi yang umumnya akan kita lakukan dalam frekuensi yang pasti. Hal ini saya tuliskan setelah melakukan evaluasi bahwa saya perlu memperbaiki diri di beberapa hal agar kehidupan dapat menjadi lebih seimbang. Resolusi kebiasaan atau rutinitas saya di tahun 2014 ini adalah:

  1. Menulis 2 Artikel di Blog Setiap Hari Kerja, yang bisa Anda lihat di blog ini atau beberapa blog saya yang lain seperti ImpactSpeaking atau PassionateYOU!. Setelah sepanjang tahun 2013 saya telah berhasil dan terbiasa menulis setiap hari, maka sekarang saya akan menulis 2 kali di blog setiap hari kerja. Setelah saya hitung, hanya perlu waktu 40 menit secara total per harinya. Sangat mungkin. Mengapa 2 artikel? Karena menurut saya tulisan adalah ilmu yang diikat dan bisa terus bermanfaat sampai kapanpun. Oleh karena itu, saya mencoba untuk memperbanyak tulisan-tulisan saya.
  2. One Day One Juz, adalah salah satu kebiasaan yang ingin saya terapkan di tahun 2014 ini. Setelah saya melakukan evaluasi di tahun 2013 kemarin, saya yakin bisa meningkatkannya menjadi satu juz, setelah sebelumnya hanya menargetkan setengah juz saja.
  3. Keteraturan Jam Tidur, nah ini adalah salah satu yang menjadi evaluasi besar diri saya di tahun kemarin. Saking banyaknya hal yang harus dikejar saya seringkali mengorbankan diri seperti mengurangi waktu tidur atau begadang. Padahal, tubuh ini memiliki hak untuk beristirahat agar tetap sehat dan prima. Jika sudah sakit, hilang sudah produktivitas diri kita. Saya ingin tidur lebih teratur dari jam 10 malam – 3 atau 4 pagi.
  4. Olahraga yang Teratur, sudah mulai harus diterapkan. Seperti layaknya pemuda yang masih berpikir bahwa tubuhnya fit, tahun 2013 saya tidak memperhatikan perlunya olahraga rutin. Nah, di tahun 2014 ini saya akan menerapkan jadwal olahraga rutin entah itu berupa olahraga badminton atau sekedar jogging

Itu saja resolusi rutinitas saya di tahun 2014. Tidak banyak dan sederhana, namun akan menjadi sebuah lompatan besar bagi saya jika berhasil menuntaskan resolusi-resolusi di atas. Bagi saya, di awal tahun ini tidak perlu terlalu banyak dituliskan. Baru kemudian jika sudah terlaksana satu per satu, barulah kemudian ditambahkan rutinitas tambahan. Resolusi tidak harus dibuat di awal tahun, bukan begitu?

Resolusi Capaian atau Goals

Satu lagi resolusi yang tidak kalah seru dan menyemangati buat saya adalah resolusi yang berbentuk capaian dan goals. Resolusi ini biasanya resolusi bentuk paling umum dan mungkin bentuknya sama dengan yang Anda miliki. Berikut ini adalah resolusi capaian saya untuk tahun 2014,

  1. Thesis Predikat A, Lulus dengan Cum Laude untuk Jenjang Pendidikan S2. Yap, salah satu tantangan saya di tahun 2014 ini adalah mengerjakan thesis S2 saya dengan predikat sangat baik, lulus cum laude, untuk menuntaskan pendidikan S2 saya di departemen Teknik Industri UI. Bukan untuk melamar kerja atau memaniskan CV, namun untuk persembahan kepada orang tua.
  2. Membeli Mobil Toyota New VIOS berwarna hitam, untuk menemani saya dalam menghadiri berbagai macam meeting bisnis dan mengisi berbagai pelatihan di dalam kota.
  3. Menerbitkan 2 buku best seller nasional. Setelah melakukan evaluasi di tahun sebelumnya yang hanya bisa melahirkan 1 buku, maka sekarang saatnya menerbitkan 2 buku setelah tahu cara-cara bagaimana sebuah buku bisa diterbitkan. Buku yang pertama adalah tentang pengembangan diri, bagaimana sagar setiap orang dapat menemukan jati dirinya masing-masing dengan nilai-nilai CerdasMulia. Satu lagi adalah buku tentang kewirausahaan dengan modal diri sendiri: YOU!Preneur.
  4. Komunitas TDA Kampus sudah buka di 13 kota dan Sukses Menyelenggarakan PestaWiruasaha Mahasiswa. Ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagaimana menggerakkan tim TDA Kampus untuk bisa terus menebarkan nilai-nilai kewirausahaan yang baik. Saat ini Komunitas TDA Kampus sudah ada di 8 kota, dan insyaAllah kan terus berkembang.
  5. Menjadi Kolumnis di Beberapa Media Massa. Alhamdulillah di tahun 2014 ini saya sudah mendapatkan beberapa penawaran dari media-media massa baik berupa majalah dan berupa media online untuk mengisi beberapa kolom kewirausahaan di dalamnya. Apa saja medianya? Nantikan di tahun 2014 ya.
  6. Membuat Young Trainer Academy, yaitu akademi trainer anak-anak muda yang berniat ingin menjadi seorang public speaker handal. Target untuk tahun 2014 insyaAllah akan ada 100 orang trainer muda yang akan dikader menjadi trainer-trainer yang tangguh.
  7. Mengambil Sertifikasi Coach dan Trainer untuk menunjang karir, yang saya target adalah sertifikasi dari International Coach Federation dan beberapa sertifikasi penunjang seperti CH, C.Ht, dan C.NLP.

Itulah 7 capaian yang saya berkomitmen di tahun 2014 untuk mencapainya. Kok cuma sedikt? Ya, menurut saya karena memang yang namanya resolusi tidak harus diciptakan pada saat tahun baru. Resolusi nantinya bisa ditambah, dicoret, diubah, seiring dengan berjalannya waktu.

Menuliskan resolusi seperti ini selalu menjadi sebuah hal yang saya suka karena sekaligus teriring doa kepada Allah bahwa inilah proposal hidup saya untuk tahun 2014. Semoga bisa terwujud dan menjadi kenyataan.

Bagaimana resolusi 2014 Anda? Mari saling berbagi resolusi dengan menuliskannya pada kotak komentar di bawah, insyaAllah saya dan pembaca blog ini akan mengamini dan mendoakannya untuk Anda.

ngin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!