Uncategorized

Salah Menulis Itu Sulit

Saya senang sekali menanggapi pertanyaan pembaca blog ini, entah itu via BBM, SMS, ataupun email. Salah satu pertanyaan yang sering sekali terlontar adalah, “Kak, bagaimana sih biar tulisan kita bisa bagus?” Saya sendiri belum merasa bahwa tulisan saya bagus. Saya hanya menulis, menulis, dan menulis. Berlatih, berlatih, dan terus berlatih. Sebagai salah satu bentuk komitmen saya dalam menulis saya berupaya konsisten menulis di blog ini setiap hari. Dari blog inilah kemudian saya mendapatkan feedback serta masukan-masukan untuk terus memperbaiki kualitas tulisan saya.

Saya rasa, bahkan sebelum seorang penulis itu menjadi terkenal pun dia pasti melewati masa-masa sulit. Baik penulis lokal maupun internasional. Mulai dari J.K . Rowling sampai Mbak Asma Nadia pun pasti melewati masa-masa sulit dalam menulis, bahkan tulisannya dinilai jelek. Tapi perlu diingat bahwa mereka yang walaupun tulisan awalnya jelek, tapi ternyata jika lama-kelamaan dilatih secara konsisten malah makin sulit lho menghasilkan tulisan yang jelek. Ini serius!

Ini terjadi pada diri saya pribadi. Dulu di tahun 2010 ketika saya masih di Asrama PPSDMS NF, sudah tidak terhitung jumlah puluhan artikel saya yang ditolak media massa. Sampai akhirnya saya terinspirasi untuk membuat blog sendiri yang akhirnya muncullah blog ini. Ya, blog ini muncul dari niat sederhana untuk menampung tulisan-tulisan saya yang banyak tertolak.

Awalnya memang benar, bahwa tulisan saya terkesan tidak sistematis, tidak berisi, dan malah ngalor-ngidul ga karuan. Nah, lama-kelamaan karena rajin dan terus-menerus menulis serta memperhatikan berbagai macam masukan, orang-orang malah banyak yang memuji tulisan di blog ini. Syukur alhamdulillah. Ternyata walaupun tulisan kita jelek, namun jika konsisten untuk terus menulis, lama-kelamaan malah sulit untuk menghasilkan tulisan yang salah dan jelek. Hehe…

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!