Akademik Riset

Sampai Jumpa, Indonesia Tercinta!

Sahabat pembaca blog arryrahmawan.net, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bersemangat ya dalam menjalani hari – harinya.

Akhirnyaa… waktu yang telah dinanti – nantikan tiba juga… Di mana setahun yang lalu saya menulis bagaimana perjuangan saya untuk mendapatkan beasiswa dan menghubungi profesor untuk menjadi supervisor S3, dan setahun telah berlalu tanpa terasa…

Pada tulisan ini saya ingin mengabarkan bahwa per tanggal 22 Agustus 2019 kemarin, saya bersama keluarga kecil saya tercinta, Melinda dan Irsyad bertiga bersama – sama pergi ‘merantau’ ke negeri Belanda untuk melakukan studi.

Saya mengambil PhD Research di Delft University of Technology yang diproyeksikan akan selesai pada 4 tahun, sementara istri saya mengambil Master of Imagineering di Breda University of Applied Sciences. Alhamdulillah, kami berdua mendapatkan kesempatan untuk studi menggunakan beasiswa.

Ada perasaan yang berat rasanya ketika meninggalkan tanah air tercinta. Meninggalkan rumah di Bogor, meninggalkan orang tua, keluarga, dan pekerjaan sebagai dosen yang sudah sangat nyaman di Indonesia untuk kembali studi dengan proyeksi durasi yang mencapai 4 tahun.

Namun, saya selalu mengingatkan diri dan keluarga bahwa tanda jika kami mulai takut, kurang nyaman, berarti kami sudah mulai meninggalkan comfort zone kami. Artinya? Kami sedang berupaya mengembangkan diri pada titik yang lebih jauh. Kami sedang berupaya menembus batasan – batasan diri, yang sebelumnya kami anggap mustahil atau sulit, namun pada akhirnya alhamdulillah dapat kami lewati satu per satu.

Kami sekeluarga mohon doa restu nya untuk kelancaran studi kami di sini. InsyaAllah, selesai studi kami membulatkan diri untuk kembali mengabdi dan berbakti untuk Indonesia. Selagi kami merantau, saya akan mencoba untuk terus update berbagai kabar, pengalaman, dan juga segala hal yang (semoga) bermanfaat selama kami merantau di negeri Belanda ini.

Nantikan tulisan saya berikutnya terkait pengalaman dan ‘perjuangan’ bagaimana proses adaptasi awal – awal kami di Belanda. Semoga nantinya bermanfaat untuk teman – teman semuanya.

Salam,
Arry Rahmawan

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

1 Comment

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: