Uncategorized

Sebab Orang Indonesia Membeli Sesuatu

Pada saat saya memberikan pelatihan terkait product development, banyak pengusaha muda yang bertanya kepada saya kenapa sih orang itu membeli suatu barang tertentu? Apa yang menyebabkan mereka tertarik untuk bisa memiliki sesuatu. Apa yang menggerakkan mereka?

Ide kreatif itu sangat penting, namun jauh lebih penting saat ide yang kita miliki itu tervalidasi dan ada orang yang membelinya. Ide kreatif saja tidak cukup, jika memang kita ingin menjualnya dan menghasilkan uang dari sana. Oleh karena itu, turun ke lapangan dan bertanya pada calon customer dari produk kita penting adanya. Maka untuk memudahkan Anda, berikut adalah sebab orang membeli sesuatu. Penasaran? Just find it out!

Berikut ini adalah sebab kenapa orang Indonesia membeli sesuatu. Based on research and experience tentunya,

Basic Needs – Ini adalah yang paling utama, kebutuhan dasar. Baik itu sandang, pangan, papan. Menurut saya, inilah sektor bisnis yang permintaannya paling aman. Akan selalu diminta dan selalu ada. Saya akan menambahkan satu lagi: pendidikan.

Lebih Cepat Mencapai Goal – Orang Indonesia seringkali mau membeli suatu barang atau jasa yang mempercepat pencapaian tujuan mereka. Contoh, misalkan memiliki impian untuk aman secara finansial, dan mereka mau membeli suatu produk atau jasa yang bisa mempercepat mereka mencapai itu.

Scarcity – Sesuatu yang langka, apabila ditargetkan dengan tepat pasti akan dibeli seseorang dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan lebih besar. Contoh, benda antik atau benda seni. Cocok dijual untuk kolektor. Bisa juga dalam produk membuat limited edition, untuk membangkitkan efek kelangkaan – bagus jika punya pelanggan fanatik.

Emotional Vacuum – Orang Indonesia seringkali membeli suatu barang yang bisa menggantikan barang sebenarnya yang seolah tidak dapat dimiliki. Misal, harga iPhone yang cenderung tinggi diganti dengan membeli iPhone replika. Replika seringkali mengisi emotional vacuum ini.

Lower Price – Pasar menengah bawah Indonesia pada suatu titik seringkali sensitif dengan harga, terutama menyangkut basic needs. Jika bisa memberikan harga lebih murah, orang akan cenderung lebih besar untuk membelinya.

Name Recognition – Untuk membeli sesuatu yang belum pernah dibeli sebelumnya, umumnya orang akan mencoba mengenali brand atau nama besar. Membicarakan brand biasanya akan merujuk pada kesanggupan dalam delivering promise.

Peer Pressure Orang Indonesia yang lebih kental kultur guyub dan kekeluargaan akan sangat bisa dipengaruhi teman untuk membeli sesuatu. Misal, seseorang yang tidak butuh BlackBerry bisa jadi beli agar koneksi lebih lancar.

Reciprocity or Guilt – Orang Indonesia yang kekeluargaan gotong royongnya kuat, punya budaya saling memberi hadiah apalagi saat-saat lebaran atau hari raya. Mereka rela membeli sesuatu dengan tujuan untuk oleh-oleh, hadiah, atau hadiah balasan untuk orang lain.

Compulsory Purchase – Membeli karena ‘dipaksa’ untuk membeli. Paling mudah adalah buku paket sekolah atau lembaga pendidikan. Sekali Anda bisa menjadi supplier bukunya, maka pembelian akan terus berulang sepanjang tahun.

“The Altruism Effect” – Tidak semua orang suka bersedekah secara langsung, namun tidak sedikit orang yang dermawan dan seringkali mereka membeli sesuatu karena tahu bahwa barang transaksi mereka bisa bermanfaat untuk orang lain. Misal: gerakan satu orang satu. Jika Anda membeli satu botol susu, berarti Anda membelikan satu botol susu untuk anak miskin.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan orang Indonesia membeli sesuatu. Kenali kenapa orang tu mau membeli, dan penuhi apa yang mereka inginkan. Selamat mencoba.

Belum semua sebab saya bocorkan pada tulisan ini. Menurut Anda, apa saja sebab yang belum termasuk apa yang saya sebutkan di atas?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, kewirausahaan, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!