Uncategorized

Sebab Sulitnya Menemukan Passion (2)

Bekerja dengan passion adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Jika kita tahu apa passion kita, dan bekerja sesuai dengan apa yang memang kita cintai, bukan hanya dapat mengeluarkan hasil terbaik tetapi juga dapat membuat energi kita seperti tidak ada habisnya. Namun, tentu saja seringkali kita merasa sulit sekali menemukan apa passion kita. Itu adalah sesuatu yang wajar.

Setelah pada tulisan sebelumnya membahas tentang dua hal tentang apa yang membuat passion menjadi sulit ditemukan, maka pada tulisan kali akan ditambah 3 lagi penyebab paling umum yang membuat orang sulit sekali menemukan apa passion nya. Penasaran?

Takut Salah

Dalam tulisan sebelumnya, saya menuliskan bahwa passion lebih bisa kita feel daripada think, setidaknya ini yang berlaku pada diri saya. Namun, kemudian pertanyaan pun muncul: bagaimana jika passion saya bukan ini? Bagaimana jika passion saya ada di bidang lain?

More you think, more you waste your time, toh passion itu tidak cuma satu kok. Setiap orang bahkan memiliki passion yang berbeda dan bisa jadi banyak. Saya awalnya tidak menyangka bahwa berbicara di depan publik dan memberikan seminar ke ratusan bahkan ribuan orang bisa jadi sangat menyenangkan, jika dulu saya tidak berani jadi ketua OSIS sewaktu SMP yang ‘memaksa’ saya untuk sering berbicara di depan umum. Dulu jika saya disuruh memilih passion, pasti saya tidak memilih berbicara di depan umum karena saya orangnya grogian! Tapi ternyata, setelah dicoba, menetapkan hati bahwa yang ada hanyalah sukses atau belajar, jadilah saya hingga saat ini senang berbicara di depan umum. Bisa jadi, passion Anda akan membuat Anda tidak nyaman pada awalnya, namun manis pada akhirnya. Jika kita selalu takut, takut, dan takut, maka kita tidak akan pernah mencoba dan akhirnya tidak akan pernah tahu.

Malas Bergerak

Passionate people are they who dare to face challenges. Berhubung passion adalah soal rasa, maka akan sangat sulit menemukan passion jika kita malas untuk bergerak. Saya belajar satu hal yang penting, untuk menemukan passion kita maka diperlukan perbuatan konkrit dan nyata untuk bisa merasakannya. Jika menurut Anda, Anda terlahir sebagai penulis, maka menulislah sekarang juga. Jika menurut Anda, Anda terlahir sebagai atlit, maka segeralah berlatih. Banyak orang yang merasa belum menemukan passion yang pas hanya karena mereka terus berpikir, namun tidak kunjung bergerak.

Tidak Memiliki Target dan Tujuan yang Jelas

Ada di mana posisi Anda sekarang, dan ke mana Anda akan melangkah? Umumnya, jika Anda memiliki goal setting, secara tidak sadar hal tersebut akan membawa Anda pada keterampilan-keterampilan apa yang perlu Anda kuasai karena Anda suka dengan bidang tersebut. Namun apa daya, penelitian menunjukkan hanya 3% orang di dunia yang memiliki target dan tujuan jelas serta tertulis. Sisanya hanyalah mereka yang mengira-ngira dan mengikuti arah langkah orang lain. Goal setting yang kuat tidak hanya berasal dari pikiran Anda, tapi yang lebih penting — Hati Anda.

Saya memunculkan sebuah goal setting yang tidak pernah berubah sejak saya masih SMA dulu: berbagi melalui tulisan. Entah itu lewat media massa, blog pribadi, hingga buku-buku yang saya terbitkan sendiri. Jujurlah pada diri kita, buatlah goal setting Anda sekarang juga dengan hati.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Apa komentar Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!