Sekilas Profil Arry Rahmawan

Arry dan bimbingan skripsinya yang baru lulus (yeey)

Arry Rahmawan (Arry) adalah seorang dosen tetap pengampu mata kuliah kewirausahaan dan manajemen teknologi di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yang merupakan salah satu program studi pendidikan tinggi paling kompetitif di Indonesia. Arry menamatkan sarjana dan magister nya di departemen yang sama dengan capaian IPK Cum Laude.

Sejak masih mahasiswa, Arry memiliki passion yang sangat mendalam terkait dengan ilmu kewirausahaan dan inovasi bisnis. Passion ini membawanya mendirikan sebuah lembaga pelatihan sebagai bisnis pertamanya, CerdasMulia Institute, pada tahun 2011. CerdasMulia Institute merupakan sebuah lembaga pelatihan yang fokus mengembangkan softskill, seperti bagaimana merencanakan hidup (life planning), berbicara di depan umum (public speaking), dan manajemen waktu.

Salah satu angkatan pelatihan di CerdasMulia Institute, yang merupakan unit usaha yang Arry dirikan dan banyak memberikan pengalaman berharga

Saat menjadi mahasiswa tingkat akhir, Arry adalah salah satu pendiri dan ketua umum komunitas Tangan Di Atas Komisariat Kampus (TDA Kampus) dari tahun 2013 – 2015. Di bawah kepemimpinannya, TDA Kampus berkembang memiliki 12 regional yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya adalah TDA Kampus Jogjakarta, Semarang, Bekasi, Lampung, Padang, Medan, Samarinda, dan Solo. Selain itu, pada masa kepemimpinannya pula Pesta Wirausaha Mahasiswa TDA Kampus untuk pertama kalinya dapat diselenggarakan di Jogjakarta.

 

Pengalamannya dalam menjalankan usaha serta menimba ilmu di Komunitas TDA dikumpulkan dan ditulis dalam sebuah buku berjudul Studentpreneur Guidebook yang diterbitkan oleh penerbit GagasMedia pada akhir tahun 2013. Dalam waktu beberapa pekan, buku tersebut menjadi best seller di Gramedia dan juga dijadikan rujukan oleh beberapa institusi pendidikan Indonesia dalam mengajarkan materi kewirausahaan dan inovasi bisnis. Saat ini buku tersebut bisa didapatkan melalui GoogleBooks untuk dibeli dan dibaca secara online.

Buku Studentpreneur Guidebook yang ditulis Arry pada tahun 2013 dan menjadi rujukan pelajar/mahasiswa yang ingin memulai bisnis

Sejak menjadi dosen penuh waktu di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, Arry lebih banyak terlibat sebagai investor startup dan pembina pada inkubator – inkubator bisnis karena sudah berfokus pada pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat). Pada tahun 2015, Arry diangkat sebagai staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB), Universitas Indonesia. Selama menjadi staf ahli pada rentang 2015 – 2019, Arry telah membantu DIIB mengembangkan Modul Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan UI yang terintegrasi (terdaftar HKI di Kemenkumham) untuk mengakselerasi pertumbuhan entrepreneur di lingkungan sivitas akademika UI. Selain itu, Arry juga menjadi narasumber tetap di DIIB untuk pelatihan design thinking, business model canvas, dan value proposiiton canvas sejak tahun 2016.

Dokumentasi saat Arry menjadi instruktur Business Model Canvas DIIB Universitas Indonesia

Beberapa portfolio Arry sebagai seorang entrepreneur dan investor startup, baik sebelum dan saat menjadi dosen adalah: CerdasMulia Institute, Alkindikids, SignifierGames.com, Penni, dan yang terakhir adalah HappyNotes.id. Portfolio nya saat ini lebih banyak digunakan sebagai eksperimen dan testing teori entrepreneurship di lapangan, agar bisa membantu banyak startup dan entrepreneur dari sisi praktikal, selain dari sisi teori.

Happynotes.id adalah startup terbaru yang saya bimbing sejak Oktober 2020 lalu.

Berdasarkan pengalamannya tersebut, sejak tahun 2018 Arry dipercaya untuk membuat silabus Mata Kuliah Kewirausahaan Teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Arry menjadi dosen kewirausahaan pertama di departemen tersebut yang khusus membahas entrepreneurship dari sudut pandang teknologi. Di samping aktivitasnya mengajar di UI, Arry juga telah memberikan banyak seminar kewirausahaan di berbagai instansi pendidikan dan pemerintahan. Selain itu. Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Value Proposition Canvas di berbagai perusahaan di Indonesia.

Sejak tahun 2019 dan direncanakan hingga tahun 2023, Arry mendapat amanah untuk menunaikan Tugas Belajar (doktoral) di Technische Universiteit Delft, Belanda. Selain riset, Arry juga banyak belajar Delft Center of Entrepreneurship tentang ilmu – ilmu Fundamental of Entrepreneurship dan juga Technology-based entrepreneurship, yang akan banyak juga dibagikan melalui blog ini. Selain ilmu tentang entrepreneurship, Arry juga akan banyak berbagi terkait passion saya yang lainnya, yaitu terkait dengan ilmu – ilmu seputar bagaimana cara mengajar, meneliti, dan juga pengembangan diri, seperti yang sudah tulis di bagian ini.

Akhir kata, semoga apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca semuanya. Apabila ada yang ingin mengundang saya sebagai pembicara, bisa menghubungi CerdasMulia Institute (Melinda) di +62 813 1844 2750 atau melalui email di arry (dot) rahmawan (at) gmail (dot) com.

Salam,
Arry Rahmawan
Dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi UI
Penulis, Studentpreneur Guidebook

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!