Diary

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H!

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, Laa ilaaha illallahu wallaahu Akbar. Allahu akbar, walillaahilhamd. Gema takbir berkumandang di seluruh pelosok negeri Indonesia. Kembang api disulit, takbir dikumandangkan, semua umat muslim dan juga seluruh bangsa Indonesia bersorak sorai bahwa telah tiba hari kemenangan yang dinanti-nantikan. Apalagi kalau bukan idul fitri?

Maka di hari yang fitri dan suci ini, dengan segala kerendahan hati, saya, keluarga, berserta seluruh jajaran staf keluarga CerdasMulia, CerdasMedia, dan CerdasKreasi mengucapkan,

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Mohon Maaf Lahir dan Batin, atas Segala Kesalahan dan Kekhilafan, Baik yang Disengaja Maupun Tidak. Semoga Kita Semua dapat Kembali Menjadi Insan yang Suci, Bersih, dan Bertaqwa kepada Allah swt. Amiin.

Idul Fitri selalu membawa keunikannya tersendiri. Terutama jika itu di Indonesia. Mulai dari banyaknya orang yang mudik untuk pulang kampung, sampai kemudian bersilaturahim ke tetangga-tetangga. Nah, ada yang unik nih sampai sekarang kan orang sering banget tuh kalau bersilaturahim dan maaf-maafan mengucapkan,

Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Ucapan ini pastinya sudah dan amat sangat familiar buat sobat semuanya. Bayangkan, ga di SMS, BBM, Whassup, sampai salam-salaman pasti itu ucapan yang paling familiar. Tapi pada tahu ga sih apa arti dari Minal Aidin Wal Faizin?

“Mohon Maaf Lahir dan Batin, Kakaaak… ”

Nah, itu tuh jawaban yang sering saya dapet kalau bertanya apa arti dari minal aidin. Mau tahu apa sebenarnya arti dari minal aidin? Berikut penjelasan singkatnya,

Para Sahabat Rasulullah biasa mengucapkan kalimat Taqobalallaahu minnaa wa minkum di antara mereka. Arti kalimat ini adalah semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian. Maksudnya, menerima amal ibadah kita semua selama bulan Ramadhan. Para sahabat juga biasa menambahkan: shiyamana wa shiyamakum, semoga juga puasaku dan kalian diterima.

Jadi kalimat yang kedua dari ucapan selamat lebaran di atas memang biasa digunakan sejak jaman para Sahabat Nabi hingga sekarang.

Lalu bagaimana dengan kalimat: minal ‘aidin wal faizin? Menurut Quraish Shihab dalam bukunya Lentera Hati, kalimat ini mengandung dua kata pokok: ‘aidin dan faizin (Ini penulisan yang benar menurut ejaan bahasa indonesia, bukan aidzin,aidhin atau faidzin,faidhin. Kalau dalam tulisan bahasa arab: ?? ???????? ? ????????? )

Yang pertama sebenarnya sama akar katanya dengan ‘Id pada Idul Fitri. ‘Id itu artinya kembali, maksudnya sesuatu yang kembali atau berulang, dalam hal ini perayaan yang datang setiap tahun. Sementara Al Fitr, artinya berbuka, maksudnya tidak lagi berpuasa selama sebulan penuh. Jadi, Idul Fitri berarti “hari raya berbuka” dan ‘aidin menunjukkan para pelakunya, yaitu orang-orang yang kembali. (Ada juga yang menghubungkan al Fitr dengan Fitrah atau kesucian, asal kejadian)

Faizin berasal dari kata fawz yang berarti kemenangan. Maka, faizin adalah orang-orang yang menang. Menang di sini berarti memperoleh keberuntungan berupa ridha, ampunan dan nikmat surga. Sementara kata min dalam minal menunjukkan bagian dari sesuatu.

Sebenarnya ada potongan kalimat yang semestinya ditambahkan di depan kalimat ini, yaitu ja’alanallaahu (semoga Allah menjadikan kita). Jadi selengkapnya kalimat minal ‘aidin wal faizin bermakna (semoga Allah menjadikan kita) bagian dari orang-orang yang kembali (kepada ketaqwaan/kesucian) dan orang-orang yang menang (dari melawan hawa nafsu dan memperoleh ridha Allah). Jelaslah, meskipun diikuti dengan kalimat mohon maaf lahir batin, ia tidak mempunyai makna yang serupa. Bahkan sebenarnya merupakan tambahan doa untuk kita yang patut untuk diaminkan.

Nah jadi sudah ada gambaran kan tentang apa sebenarnya arti dari minal ‘aidin wal faizin? Inget ya, kalau nanti ditanya orang setelah baca tulisan ini jangan jawab ‘mohon maaf lahir dan batin’ karena ternyata artinya bukan itu. Hehe.

Oke, akhir kata ini saatnya saya mengunjungi rumah saudara-saudara. Menjalani silaturahim sambil berburu ketupat dengan opor dan sayur yang sedap. InsyaAllah selama lebaran ini tetep ga absen menulis kok. Jadi, keep productive, keep happy, dan tetap lanjutkan amalan shaleh yang sudah dibentuk selama Bulan Ramadhan kemarin. Sip?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Silakan follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!