Uncategorized

Strategi Pemasaran dengan Social Media

Kemarin saya mendapatkan kesempatan untuk mengisi kuliah tamu di Universitas Indonesia Esa Unggul tentang bagaimana memanfaatkan social media untuk pemasaran yang lebih efektif. Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk berbagi tentang mengapa adopsi social media semakin penting pada saat ini, kesalahan apa yang sering dilakukan marketer terkait pemasaran social media, dan contoh-contoh sukses bagaimana social media digunakan untuk memperkuat brand dengan biaya yang murah bahkan gratis. Adanya social media, memungkinkan kita untuk menyebarkan banyak sekali promosi terhadap produk kita. Tetapi, kenapa di satu sisi ada yang penjualannya meningkat, namun di sisi lain penjualannya tetap dan bahkan semakin turun?

Tulisan kali ini meringkas materi kuliah umum tersebut dan juga saya sertakan slide nya agar bisa dipelajari.

Why Using Social Media?

Saat ini, penggunaan social media menunjukkan peningkatan yang terus signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun tetap Facebook adalah platform yang paling banyak digunakan di Indonesia, diikuti dengan Twitter, LinkedIn, kemudian Instagram.

Pengguna social media Indonesia umumnya sudah cukup nyaman dengan Facebook dan Twitter saja. Fokus pemasaran dengan menggunakan dua platform ini tidak masalah sebenarnya. Namun diprediksikan platform lain akan segera menyusul dan berkembang pesat, terutama yang memberikan fitur-fitur menarik. Oleh karena itu, jika Anda belum familiar dengan platform seperti LinkedIn, Google+, Instagram, Path, Pinterest, Youtube, Slideshare, Scribd, tidak ada salahnya belajar menggunakan itu sekarang karena platform ini akan sangat bermanfaat untuk memasarkan bisnis Anda di masa yang akan datang.

Contohnya, saya menggunakan slideshare untuk berbagi slide-slide yang saya gunakan dalam pelatihan, training, atau kuliah tamu yang saya bawakan. Total saya memiliki ratusan yang masih antri untuk saya upload, tahukah apa yang terjadi? Slide saya banyak didownload, direkomendasikan, dan tidak jarang justru mengundang tawaran proyek-proyek prestisius. Anda juga bisa mencobanya!

Jebakan Social Metrics

Sebagai seorang marketeers, tentu kita perlu untuk memiliki tolak ukur dan parameter apakah strategi pemasaran menggunakan social media kita berhasil. Untuk studentpreneur, umumnya terjebak menggunakan parameter umum seperti jumlah follower atau jumlah fans di fanspage nya. Salah? Tidak. Namun kita perlu mengembalikan kembali arti pemasaran adalah untuk memastikan bahwa sales kita meningkat bukan? Maka di sini kita tidak hanya perlu follower atau fans, tetapi berapa besar tingkat interaksi, engagement rate, dan conversion rate terhadap penjualan.

Istilah – istilah ini sederhana untuk dipelajari dan sudah saya sertakan juga slide nya. Jika berminat, saya bisa berbagi ke tempat Anda terkait bagaimana pemasaran dengan menggunakan social media ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Apa komentar Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!