Uncategorized

STUDENTPRENEUR TIPS: Bagaimana Melakukan Delegasi yang Efektif

#STUDENTPRENEUR TIPS merupakan rubrik artikel berseri yang saya buat khusus untuk menambah wawasan para pembaca buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK.  Agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, sebaiknya Anda membaca habis terlebih dahulu buku STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik Di Sini untuk pemesanan.

Beberapa waktu lalu saya sempat mendapatkan permintaan menulis tentang teknik bagaimana melakukan delegasi efektif, terutama kepada staf atau karyawan kita. Tentu saja seiring 6 bulan, setahun, atau dua tahun bisnis yang kita bangun berjalan, kita tidak ingin bahwa semuanya kita kerjakan sendirian. Kalau bisnis kita berkembang, kita bisa memulai dengan merekrut karyawan atau staf yang akan membantu kita mengerjakan tugas-tugas dengan lebih cepat.

Lalu bagi Anda yang tadinya selalu terbiasa mengerjakannya sendiri, bagaimana agar delegasi itu bisa berjalan dengan efektif?

Jawaban dari pertanyaan ini tentu berbeda-beda karena tergantung dari siapa dan apa pekerjaan yang didelegasikan. Namun, ada beberapa hal yang saya lakukan selama beberapa kali menjadi pemimpin di suatu perusahaan atau organisasi yaitu mendelegasikan secara umum dan not too much detailed.

Bisa jadi kita sebagai seorang pemimpin ada rasa tidak percaya untuk bisa memberikan kepercayaan secara penuh, sehingga memberikan instruksi delegasi yang sangat detil kepada karyawan atau orang yang kita pimpin. Untuk beberapa kali di tahap awal, menurut saya ini penting agar mereka bisa meraih goal dengan baik dan efektif.

Namun, jika terlalu sering, para karyawan atau orang yang kita pimpin akan merasa bosan dan merasa tidak diberikan tempat untuk berkembang. Pun seandainya goals tercapai, mereka akan merasakan hal itu sebagai suatu hal yang biasa saja karena toh strategi yang dijalankan adalah strategi kita.

Jika suatu saat kita sudah menemukan karyawan atau staf yang memang sangat tepat dan layak untuk dipercaya, berikanlah delegasi yang memberikan kesempatan orang untuk berpikir kreatif sesuai dengan caranya sendiri. Berikan delegasi yang not too much detailed, namun jelas goals nya apa. Ini akan membuat staf pun merasa bahwa mereka memiliki andil yang nyata terkait tercapainya goals. Tentu, kita sebagai pemimpin harus bisa tetap mengarahkan dan menjadi solusi atas pertanyaan-pertanyaan dari staf kita. Karena tentu, delegasi tidak seperti melempar pekerjaan begitu saja.

Jika Anda merasa bahwa tulisan di atas bermanfaat, maka jangan sungkan untuk mengungkap semua rahasia membuka bisnis sejak masih muda dalam buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik di sini untuk memesan, atau Anda dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kota Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar