Kelas Studentpreneur

#STUDENTPRENEUR TIPS: Bagaimana Membuat Website Bisnis yang Menarik Perhatian Pelanggan (Bagian 1)

#STUDENTPRENEUR TIPS merupakan rubrik artikel berseri yang saya buat khusus untuk menambah wawasan para pembaca buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK.  Agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, sebaiknya Anda membaca habis terlebih dahulu buku STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik Di Sini untuk pemesanan.

Halo sobat studentpreneur! Bagaimana kabar bisnisnya? Tentu semakin lancar dan maju, bukan? Hehe… Bagi kamu yang sudah memiliki bisnis dan produk sendiri, ada beberapa cara untuk lebih meningkatkan omzet yang sudah kamu dapat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi internet, yaitu dengan membuat website!

Membuat website ini pernah saya terapkan untuk CerdasMulia Leadership and Training Center, dan melalui website tersebut pulalah banyak datang klien-klien baru. Website ini juga sangat membantu bagian marketing karena tidak perlu lagi mendatangi institusi-institusi pendidikan atau prospek klien. Berhubung saat ini sudah banyak sekali orang Indonesia yang menggunakan internet dan akses yang semakin mudah, maka media internet ini memang harus dimanfaatkan.

Tulisan kali ini akan membantu kamu untuk membuat website bisnis yang efektif dan menarik pelanggan sebagai media pemasaran kamu. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk silakan intip caranya.

Membuat website untuk bisnis akan terkait dengan branding kita. Maka membuat website ini pun sebenarnya merupakan investasi. Saat saya berkonsultasi dengan beberapa konsultan untuk mengembangkan bisnis saya, mereka menyarankan membuat website sebagai media informasi perusahaan yang profesional. Maka jika bisnis kamu sudah menguntungkan kamu bisa menyisihkan profitnya untuk mengembangkan website bisnismu. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Look Professional

Sebisa mungkin, tampilan di website kita dibuat dengan professional looking yang tinggi. Maksudnya, desain sebuah website bisnis bukan hanya berupa blog dengan sidebar kanan atau kiri, tetapi lebih menunjukkan brand perusahaan yang mementingkan profesionalisme. Untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk website yang profesional kamu bisa buka ThemeForest. Untuk CerdasMulia sendiri menggunakan template khusus eksklusif yang didesain secara custom sehingga tidak mudah ditiru yang lain. Ini menjadi keunikan sendiri pada akhirnya dan meningkatkan rasa profesional dalam bisnis kita.

Menggunakan Private Domain Name

Bagi kamu para studentpreneur yang ingin membuat website, atau bahkan yang sudah pernah membuat sebelumnya dengan layanan gratis maka cobalah berpindah ke layanan private domain name sendiri. Seperti misalnya cerdasmulia.com atau cerdasmulia.net. Penggunaan domain yang lebih pendek dan pribadi ini membuat orang lebih mudah mengingat apa website kita. Harganya murah kok, satu domain pribadi seperti itu hanya sekitar Rp70 ribu – Rp90 ribu per tahun.

Memorable Domain Name

Kalau yang ini bagaimana caranya kita memilih nama domain yang mudah diingat dan kalau bisa sesuai dengan bidang usaha kita. Jika kita sudah memiliki nama brand mungkin akan lebih mudah. Namun, jika belum hindari penggunaan nama domain yang sulit diingat seperti,

www.kursuspublicspeakingdijakarta.com
www.ard111bisnis.com

Memorable domain name yang baik umumnya pendek dan relevan dengan penggunaan bahasa sehari-hari.

Contact Easy to Find

Jika pelanggan atau calon pelanggan membuka website kita pastikan apakah kontak untuk menghubungi bisnis kita bisa mudah ditemukan atau tidak. Kalau perlu, pajang di homepage atau semua halaman yang ada. Jadi coba website kamu diuji oleh beberapa teman atau responden apakah bisa menemukan kontak dari bisnis kamu ini? Jika bisa dan mudah ditemukan maka sudah bagus. Biasanya agar lebih mudah kontak diletakkan di posisi paling atas atau paling bawah.

Tell Visitors What do We Do

Ini adalah salah satu komponen paling penting dalam membuat website adalah memastikan bahwa di web tersebut kita bercerita tentang apa yang kita lakukan. Produk atau jasa apa saja yang kita tawarkan, setidaknya saat orang baru masuk ke website kita mereka memiliki gambaran langsung “oh bisnisnya ini toh.” tanpa harus menebak dan mereka-reka terlebih dahulu (atau bahkan sebelum membuka about page bisnis kita).

Berikut ini adalah website dari CerdasMulia Leadership and Training Center.

Oke! Sekian dulu #STUDENTPRENEUR TIPS nya, nanti akan kita lanjutkan lagi di tulisan selanjutnya untuk tips membuat website bagian dua.

Pembahasan bagaimana mengelola keuangan seperti di atas dibahas lengkap dalam buku saya,STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik di sini untuk memesan, atau Anda dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kota Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!