Uncategorized

STUDENTPRENEUR TIPS: Trik Jitu Agar Berani Memulai Bisnis

#STUDENTPRENEUR TIPS merupakan rubrik artikel berseri yang saya buat khusus untuk menambah wawasan para pembaca buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK.  Agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, sebaiknya Anda membaca habis terlebih dahulu buku STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik Di Sini untuk pemesanan.

Punya bisnis sendiri, jika dibilang enak atau tidak enak, maka jawabannya adalah enak banget. Dari saya pribadi, ada dua hal yang paling saya suka dengan memiliki bisnis sendiri, yaitu kita bisa bekerja sesuai dengan passion kita, independen, dan waktu kerjanya bisa diatur dengan fleksibel. Uangnya bagaimana? Buat saya, uang urusan nomor sekian (untuk pribadi) karena selain dengan jalan punya bisnis, jika kita berorientasi uang masih banyak pintu-pintu lain yang lebih menjanjikan dan lebih aman. Misalnya dengan menjadi artis, penyanyi, anggota DPR, dan lain sebagainya. Bisnis buat saya yang penting bisa memberikan kebahagiaan buat yang menjalankan, dan menebar manfaat sebesar-besarnya untuk banyak orang. Bisnis yang orientasinya untuk menebar kebermanfaatan tidak capek untuk mengurusnya (pengalaman pribadi, hehe).

Nah, namun dibalik semua ‘enaknya’ memilih menjadi seorang pengusaha masih banyak orang yang masih berpikir “jadi bisnis gak ya?”. Bahkan sampai banyak sekali motivator atau pembicara bisnis yang bilang bahwa “Bisnis itu yang penting action“, namun kenyatannya masih tetap banyak juga yang belum berani berbisnis. Saya namakan ini sebagai mental block di mana kita masih takut untuk memulai bisnis. Sama seperti saya dulu juga demikian, saya masih sering takut dan ngeri kalau bisnis saya gagal. Beberapa cara ampuh saya tuliskan di buku saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK, terkait bagaimana menghancurkan mental block ini. Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi salah satu trik paling jitu menghancurkan mental block sehingga kita mau tidak mau akan terjun berbisnis – membuat unbeatable reason. Apakah itu unbeatable reason? Baca tulisan ini selengkapnya.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, terutama buat Anda yang masih pelajar atau mahasiswa (student) tentu kadang banyaaaaak banget pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis.

Mau tahu kenapa?

Karena Anda hanya sampai pada titik INGIN memiliki bisnis, namun belum sampai tahap HARUS memiliki bisnis.

Mereka yang hanya ingin memiliki bisnis, umumnya memiliki alasan memilih menjadi pebisnis karena hal-hal berikut ini:

  • Ingin kaya
  • Ingin bisa bermanfaat bagi sekitarnya
  • Ingin bisa membuka lapangan pekerjaan

Dan masih banyak lagi yang lain sebagainya, di mana itu adalah alasan klasik.

Perhatikan beberapa perbedaan teman-teman saya (dan juga saya sendiri) yang mulai bisnis. Beberapa alasan kami membuka bisnis adalah,

  • Kekurangan uang untuk pengobatan orang tua
  • Terlilit hutang yang terus ditagih debt collector yang mengerikan
  • Tidak adanya uang bulanan dari orang tua, sehingga cari sendiri

Dapatkah Anda membedakan poin orang yang hanya INGIN jadi pengusaha dengan mereka yang HARUS jadi pengusaha? Manakah menurut Anda yang akan memiliki action? Yup, orang yang memiliki alasan kuat, dimana jika mereka tidak memulai menjadi pebisnis, maka: besok tidak bisa makan, orang tua akan meninggal, dihajar sama debt collector, dan lain sebagainya.

Itulah alasan yang disebut sebagai unbeatable reason, sebuah jawaban atas why kita ingin memulai bisnis. Di mana jawaban tersebut adalah jawaban kuat yang akan membuat kita mau tidak mau memulai bisnis.

Jika selama ini Anda masih ada dalam zona nyaman, akan sulit untuk benar-benar bisa terjun ke dalam bisnis secara total. Beberapa cara yang bisa Anda coba agar bisa langsung action bisnis adalah membuat hidup Anda sendiri jadi tidak nyaman, misalkan:

  • Menghentikan pemberian uang dari orang tua
  • Membayar uang kuliah dan kostan sendiri
  • Membuat crazy declaration – Anda berjanji akan mentraktir teman Anda sebanyak 100 orang jika dalam seminggu ke depan tidak punya bisnis (misalnya)
  • dan masih banyak lagi

Jadi, Anda ingin segera memulai bisnis? Temukan atau buat sendiri unbeatable reason Anda. Selamat menjadi pengusaha muda.

Jika Anda merasa bahwa tulisan di atas bermanfaat, maka jangan sungkan untuk mengungkap semua rahasia membuka bisnis sejak masih muda dalam buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik di sini untuk memesan, atau kamu dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kotamu.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!