Uncategorized

Sudahkah Anda Membaca Hari Ini?

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat membuat saya sangat terkagum-kagum. Sempat beberapa kali saya teringat 10 tahun yang lalu, di mana mengakses internet belum semudah saat ini. Bahkan dulu handphone pun masih jarang dan harganya sangat mahal. Namun lihat saat ini, layanan internet sudah semakin cepat, murah, dan mudah untuk diakses.

Salah satu dampak positif terbesar yang saya rasakan adalah mudahnya mengakses apapun informasi yang kita perlukan. Mulai dari mencari artikel, buku, video, bahkan mengakses e-paper surat kabar. Rasanya perpustakaan di seluruh dunia ada di genggaman kita. Pertanyaannya, sudahkah Anda membaca hari ini?

Mudahnya Mengakses Buku dan Informasi

Saya kagum sekali bahwa di masa sekarang ini orang begitu mudahnya menerbitkan sebuah buku. Ya, hampir setiap hari diterbitkan buku-buku baru yang mengemas informasi dengan unik dan kreatif. Sebuah zaman di mana kebebasan dan kemerdekaan mengakses informasi sudah diperoleh. Beda sekali dengan zaman dulu. Dulu, menulis dan menerbitkan buku masih ada dalam keterbatasan. Sekarang? Wah, jangan ditanya deh. Hehe.. Buku tumbuh dan ada dimana-mana bak rumput di musim hujan.

Dengan begitu banyaknya buku, bahkan yang bisa diakses secara gratis di internet, sudahkah Anda membaca hari ini?

Masa Depan Tergantung Apa yang Anda Baca

Saya jadi teringat akan sebuah nasihat, “Masa depan seseorang ditentukan dari tiga hal: dengan siapa dia bergaul, untuk apa waktunya dihabiskan, dan buku apa yang ia baca.” Silakan kroscek perbedaan orang-orang yang sukses dengan orang yang biasa saja. Silakan bandingkan dengan siapa mereka bergaul di masa lalu, untuk apa waktu mereka dihabiskan, dan buku atau bacaan apa yang biasa mereka baca di masa lampau.

Membaca adalah salah satu kunci penentu masa depan. Membaca dapat membuat wawasan berkembang dan meningkatkan kreativitas. Lewat membaca, secara tidak sadar Anda membentuk masa depan Anda.

Sudahkah Anda membaca hari ini?

Membaca Kunci Kebangkitan Bangsa

Saya teringat sebuah perbandingan menarik yang saya temukan di buku Spiritual Reading karya Dr. Raghib As Sirjani. Beliau menemukan sebuah fakta menarik bahwa jika dirata-rata, tingkat membaca dari orang-orang Jepang per tahunnya adalah 40 buku. Untuk Amerika Serikat, adalah 5 buku. Untuk Asia, khususnya Asia Tenggara tidak lebih dari 10 halaman saja.

Membaca, adalah sebuah kunci untuk menuju kebangkitan bangsa. Sebuah wacana-wacana besar yang dicanangkan untuk memajukan Indonesia sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana: memulai untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca yang terbentuk akan sangat bermanfaat membentuk pola pikir dan mendorong kemajuan bangsa Indonesia tercinta ini.

Maka, seharusnya malu jika segala sumber daya yang kita miliki untuk membaca dilewatkan begitu saja. Internet, perpustakaan, buku-buku murah dan bahkan gratis yang bertebaran, sudah ada di mana-mana. Saatnya bangkit dengan membaca. Saatnya menjadi manusia yang lebih berwawasan dengan membaca.

Sudahkah Anda membaca hari ini? Jika sudah, apa yang Anda baca? Ingin berbagi, silakan share melalui kotak komentar di bawah.

Untuk mengadakan pelatihan Spiritual Reading, silakan kirimkan email ke contact@arryrahmawan.net

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!