Uncategorized

Sudahkah Anda Memiliki Proposal Hidup?

Catatan Kepala: Filosofinya sederhana, untuk membuat kegiatan 2-3 hari saja kita memerlukan proposal. Bagaimana dengan hidup kita yang berlangsung bertahun-tahun lamanya?

Sahabat, sudahkah Anda memiliki proposal hidup? Proposal hidup adalah sebuah perencanaan tertulis yang dibuat sebagai bentuk syukur kita karena diberikan kesempatan hidup di dunia ini. Bayangkan, untuk membuat acara yang hanya berlangsung 1 – 2 hari saja kita membutuhkan proposal perencanaan bukan? Bahkan bagi mereka yang terbiasa berorganisasi, hingga membuat plan A, B, dan C sebagai untuk memastikan bahwa perencanaan yang dibuat dapat direalisasikan dengan baik.

Bagaimana dengan hidup Anda? Apakah Anda sudah memiliki proposal hidup?
Banyak orang bilang, biarlah hidup saya ini mengalir seperti air saja. Melihat bagaimana nanti ke depannya. Pandangan ini bisa jadi baik sekaligus membahayakan, karena sebenarnya Anda tidak tahu akan ke mana dan bisa jadi Anda akan terbawa pada ‘arus’ yang tidak Anda inginkan. Ibarat air sungai, tidak semua sampai ke laut. Ada yang ke selokan, bahkan – maaf – WC. Jadi, Anda ingin mengikuti air yang mengalir entah ke mana atau memutuskan untuk menentukan sendiri ke mana arah arus Anda?

Mimpi yang tertulis – proposal hidup
Proposal hidup dapat dibuat sesederhana mungkin. Semua orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita, bukan? Tetapi jarang sekali yang bisa menuliskannya! Padahal, mereka yang menuliskan mimpi-mimpi mereka dapat mengingat dan terus mengingatkan jalan atau keputusan apa yang harus mereka ambil dalam hidup mereka. Bayangkan jika mimpi dan target-target hidup Anda tidak ditulis, maka Anda akan selalu ‘mengawang-awang’ dalam mewujudkan mimpi Anda.

Sederhana saja, tidak perlu terlalu rumit
Proposal hidup tidak perlu rumit dan amat sangat detail. Anggaplah Anda membuat perencanaan 10 tahun, maka yang dibuat detail hanyalah target yang paling dekat yang ingin Anda capai. Misalkan 1-2 tahun dari sekarang. Biarlah 8 tahun sisanya menjadi sebuah ‘konsep besar’, sehingga memudahkan Anda untuk mengambil keputusan dalam perubahan-perubahan hidup Anda.

Proposal Hidup membuat percepatan mimpi menjadi kenyataan
Jika kita senang berorganisasi di sekolah atau di kampus, sudah umum sekali sebagai tanda ‘direstuinya’ kegiatan yang akan kita adakan adalah proposal tersebut ditandatangani sebagai tanda setuju oleh kepala sekolah atau rektor. Sama dengan hidup, jika Anda berdoa maka proposal hidup Anda ini dapat menjadi ‘penjelas’ apa yang Anda inginkan ketika disampaikan kepada Tuhan. Tuhan pasti Maha Tahu segalanya, tetapi yang menjadi masalah adalah jika kita tidak memiliki proposal, apakah Anda tahu apa yang sebenarnya ingin Anda capai? Inilah salah satu pentingnya proposal itu dibuat.

Lanjutkan dengan Follow-up and Action
Banyak sekali kejadian saya menemukan sahabat yang hanya berhenti sampai pada pembuatan proposal hidup, tanpa ada tindakan untuk merealisasikannya. Layaknya jika kita ingin mengadakan kegiatan, ketika proposal sudah disetujui, tentu saja kita harus menindaklanjuti dengan kinerja kepanitiaan yang mumpuni bukan? Nah, sama dengan proposal hidup. Ketika kita sudah membuat proposal hidup yang jelas, kita berdoa untuk diajukan kepada Allah agar dalam pelaksanaan diberikan petunjuk (Allah pasti ridha (tandatangan) dengan proposal Anda jika isinya adalah kebaikan), yang kemudian selanjutnya ditindaklanjuti dengan action, action, dan action!

Jadi, sampai di sini Anda sudah mengetahui seperti apa pentingnya bagi setiap orang untuk memiliki proposal dalam hidupnya. Jadi, sudahkah Anda memiliki proposal hidup? Kalau sudah, bagaimana proposal hidup Anda? Yuk di share di kotak komentar untuk menginspirasi pembaca lainnya.

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia! 🙂

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

2 Comments

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!