Uncategorized

Sudahkah Kita Memiliki Perencanaan Hidup?

Written by Arry Rahmawan

Pernahkah sewaktu kita masih sekolah atau kuliah bergabung di acara-acara kepanitiaan? Jika pernah, tentu kita ingat bahwa sebelum menyelenggarakan acara, kita pasti akan membuat proposal acara. Padahal, acara yang kita buat umumnya adalah acara yang singkat. Beriksar 2 – 3 hari, atau paling lama selama 1 pekan.

Mengapa proposal itu perlu dibuat? Tentu agar acara yang nantinya akan kita selenggarakan terencana dengan baik dan sesuai dengan apa yang memang kita rancang. Tidak bisa kita membuat sebuah acara yang, “ya udah lah, liat nanti gimana aja di lapangan.”

Segitu yang hanya acara singkat. Bagaimana dengan hidup kita yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun? Sudahkah kita memiliki proposal untuk kehidupan kita?

Saya banyak sekali melihat bagaimana orang-orang tahu pentingnya perencanaan hidup, namun sedikit sekali yang memiliki proposal hidup yang menceritakan bagaimana kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Banyak yang berkata bahwa, “Biarlah hidup seperti air yang mengalir.” Biarlah hidup mengikuti arus saja. Namun coba kita renungkan prinsip ini dengan lebih dalam. Mengikuti arus aliran hidup, membuat hidup kita seolah tidak memiliki kekuatan untuk mewujudkan hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bahkan, bisa jadi selama kita hidup, ternyata kita hidup dalam perencanaan orang lain. Apa asyiknya hidup seperti itu?

Ada lagi yang kemudian mengatakan, “alaaaah, kita ini masih muda, buat apa ribet-ribet memikirkan perencanaan hidup? Bukankah hidup kita ini masih panjang? Nanti sajalaaah…”

Usia muda namun hidup masih panjang? siapa yang bisa menjamin? Bahkan saat ini saya membuka kontak pun saya memiliki banyak sekali daftar nama teman seangkatan atau yang tidak jauh selisih angkatannya saat ini sudah menggunakan predikat ‘alm’, atau sudah meninggal dunia.

Saya masih ingat dengan sebuah kejadian pada tanggal 13 Juni 2010. Pada waktu itu, saya sedang chatting dengan teman SMP saya yang bernama Icha dan kami membicarakan banyak hal. Kejadian yang kemudian tidak saya sangka-sangka adalah pada sore harinya saya dikabarkan bahwa Icha dan satu keluarganya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil hebat di daerah Banyumanik, Semarang. Ironisnya, kejadian tersebut berada sekitar 300 meter dari rumah Icha.

Ternyata, usia muda pun tidak menjamin bahwa kita masih diberikan hidup yang panjang. Tidak ada yang pernah tahu kapan kita akan meninggal, bukan? Kita hanya dihadapakan pada dua pilihan, ingin meninggalkan dunia ini hanya sekedar nama, atau meninggalkan jejak-jejak bermanfaat selama hidup kita.

Bagaimana kita bisa meninggalkan jejak yang jelas, jika perencanaannya tidak ada? Bukankah segala macam capaian terbaik yang bisa dicapai umat manusia berasal dari perencanaan matang dan komitmen untuk mengerjakannya dengan sepenuh hati?

Semoga kita semua dapat hidup semakin produktif 🙂

Ikuti informasi tentang Young Trainer Academy dengan follow @YTAcademy_ID.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan. Untuk mengundang seminar, workshop, dan pelatihan silakan hubungi 087776388330 (Nurin).

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!