Uncategorized

Sukses atau Belajar

Sejak memutuskan menjadi seorang entrepreneur pada 2009 lalu, terusik berbagai macam pertanyaan dalam hati yang menakutkan, “Bagaimana kalau nanti gagal? Bagaimana jika nanti kuliah keteteran? Bagaimana bila nanti bla, bla, bla..” Pada 2009 lalu, saya mencoba untuk membagi kuliah dengan aktivitas lain yaitu membuka usaha sendiri di bidang pelatihan yang kemudian berkembang menjadi CerdasMulia Training seperti saat ini.

Dalam perjalanannya, ternyata memang benar tidak mudah. Jikalau dikatakan gagal, saya sudah pernah mengalaminya beberapa kali. Ditipu orang, rugi jutaan rupiah, sakit-sakitan parah karena kurang istirahat, nilai akademis menurun, berselisih dengan partner, hubungan dengan kerabat menjadi renggang, kalah dalam persaingan usaha, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu tidak ada orang yang mau mengalami kegagalan seperti itu. Namun sebenarnya justru dengan kita mengalami kegagalan, kita dapat pelajaran untuk mengetahui cara-cara yang lebih baik dalam mencapai sesuatu. Dengan mengalami kegagalan, kita jadi tahu hal apa dan di bagian mana kita perlu untuk meningkatkan diri.

Buat saya sendiri, sebenarnya dalam hidup ini tidak ada apa yang namanya gagal, yang ada hanyalah sukses dan belajar. Saat kita gagal, sebenarnya kita mendapatkan pelajaran dan strategi baru untuk mencoba dengan cara yang lain. Oleh karena itu, selalu coba berbagai macam strategi yang berbeda dalam setiap pilihan kita agar tidak ada lagi kesalahan yang terulang. Hal yang paling penting adalah terus bergerak, terus berjuang, dan terus mencoba.

Bagaimana Anda memaknai kegagalan Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!