Uncategorized

Sukses dengan Ilmu PAKSA

Siapa yang tidak ingin sukses dalam hidup? Tentu saja semuanya pasti ingin menjadi orang yang sukses. Entah itu sukses di dunia dengan menggapai impian, hingga sukses juga di kehidupan setelah mati. Ada sebuah formula yang bisa sahabat gunakan, yaitu sukses dengan ilmu PAKSA. Saya belajar ini dari Pak Syahrial Jusuf.

Maksudnya apa nih? Ya, untuk bisa menjadi orang sukses, maka PAKSA diri Anda untuk senantiasa meningkatkan hal-hal berikut ini. Paksa, paksa, dan paksa hingga hal tersebut tidak bisa ditingkatkan lagi. Mau tahu apa saja yang harus dipaksakan? Yuk, silakan baca lebih lanjut lagi!

P for Pray

Pemaksaan yang pertama adalah pray, atau meningkatkan ibadah yang senantiasa kita lakukan. Sukses yang didapat pastinya tidak terlepas dari izin Allah, bukan? Nah, mengapa kita tidak mencoba mempersembahkan sukses kita sekaligus untuk meraih ridho Allah? Maka, cobalah untuk mulai meningkatkan aspek pray Anda. Beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Meningkatkan shalat rawatib
  • Meningkatkan shalat dhuha dan tahajud
  • Meningkatkan jumlah membaca Al Quran setiap harinya
  • Bersedekah dan berzakat lebih banyak dari biasanya
  • dan masih banyak lagi yang lainnya…

Saya sudah mencobanya dan percaya atau tidak, banyak ibadah seperti memberikan faktor luck atau keberuntungan yang lebih besar. Tiba-tiba ada saja solusi atau bantuan yang datang dari arah yang tak terduga saat ada masalah. Alhamdulillah… 🙂

A for Attitude

Selanjutnya yang harus ditingkatkan adalah attitude atau sikap kita dalam menghadapi sesuatu. Attitude lah yang banyak membedakan antara orang yang sukses dengan orang yang biasa-biasa saja. Attitude mencakup bagaimana kita menanamkan pikiran dan mental yang positif, merasa selalu cukup penuh syukur dan bahagia, tidak dengki kepada orang lain, jujur, penuh integritas, dan senantiasa senang membantu sesama. Tingkatkanlah attitude, kelak akan banyak orang yang memberikan peluang-peluang strategis untuk Anda. Tidak ada orang yang tidak suka terhadap orang dengan Attitude yang baik. 🙂

K for Knowledge

Siapa yang bilang bahwa sukses itu tidak perlu pengetahuan? Siapa bilang sukses itu tidak memerlukan ilmu? Siapa bilang sukses itu tidak memerlukan wawasan? Maka saya menentang jika ada orang yang bilang, “buat apa kita memiliki IPK tinggi atau ranking 1 di sekolah? Toh sukses tidak memerlukan itu semua.” Itu adalah alasan bagi mereka yang mencari pembenaran atas kegagalan belajarnya.

Di era kompetitif seperti saat ini, pernyataan tersebut akan semakin tidak berlaku. Sekarang ini, banyak orang-orang yang bahkan memiliki kompetensi atau keahlian di lebih dari berbagai macam bidang. Bayangkan jika kita tidak memiliki kompetensi yang mumpuni, maka kita akan kesulitan untuk ‘memunculkan’ dan membedakan diri kita dibandingkan dengan yang lain.

Ilmu itu penting. Wawasan itu sangatlah penting. Tingkatkanlah knowledge Anda dan jadilah seorang yang expert di suatu atau beberapa bidang tertentu. Belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan bentuk apa saja. Terlebih lagi dengan ditemukannya internet, belajar dapat kita lakukan hanya dengan mengetikkan beberapa kata di Google.

S for Skill

Apa bedanya skill dengan knowledge? Skill lebih mengacu pada keterampilan atau kemampuan yang bisa diterapkan (praktikal). Orang yang berwawasan belum tentu memiliki keterampilan yang sama dengan wawasannya. Sebagai contoh, orang yang tahu berbagai macam teori renang belum tentu terampil berenang. Tetapi dengan teori renanglah justru seseorang bisa selalu meningkatkan keterampilannya.

Nah, sama dengan bidang yang lain. Tingkatkanlah terus keterampilan-keterampilan Anda, disamping wawasan yang Anda miliki. Misalnya keterampilan berbicara di depan umum, berbicara dalam bahasa asing, menulis, menguasai perangkat lunak tertentu, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja dapat membuat nilai tambah yang berarti bagi kesuksesan Anda.

A for Action

Paksa diri Anda untuk segera ACTION dalam meraih kesuksesan. Tidak menunda-nunda, langsung dieksekusi sekarang juga! Banyak dari kita kadangkala tersandung dalam meraih puncak sukses hanya karena menunda eksekusi ide yang kita miliki sehingga akhirnya didahului oleh orang lain. Maka paksa diri Anda untuk melakukan aksi sekarang juga untuk meraih dan mencapai impian-impian Anda. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Yap, itu dia sedikit ilmu tentang meraih sukses dengan cara PAKSA. Hehe.. Semoga bermanfaat buat sahabat semuanya ya. Ingin sukses? Selalu pPaksa diri kita untuk meningkatkan nilai-nilai paksa di atas.

Ada sahabat yang ingin menambahkan? Jika ada, silakan yuk di share di kotak komentar di bawah.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!