Uncategorized

Tahukah Anda Kunci Utama Kepuasan Konsumen?

Written by Arry Rahmawan

Bayangkan jika Anda memiliki sebuah bisnis, di mana produk atau jasa yang Anda buat selalu dibeli berulang oleh konsumen Anda. Tidak hanya itu, kemudian konsumen Anda juga mencoba untuk merekomendasikannya kepada kerabat dekat yang mereka miliki. Sehingga, semakin lama bisnis Anda berkembang karena konsumen Anda terus bertambah yang secara langsung akan berdampak pada omset dan keuntungan bisnis Anda.

Bagaimana cara membuat konsumen bisa seperti itu? Saya menemukan jawaban ini saat saya bersama rekan mencoba untuk membukan program Young Trainer Academy. Awalnya kami sedikit ragu apabila ternyata program ini sepi akan peminat. Namun ternyata kami salah, para peserta yang ikut program ini mereka merasa sangat puas sekali dengan program yang kami tawarkan tersebut. Tidak hanya itu, mereka pun kemudian merekomendasikan program ini kepada kerabat mereka dan bahkan ‘memaksa’ kami di CerdasMulia Leadership and Training Center untuk membuka angkatan – angkatan selanjutnya. What a successful programs!

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahukan apa kunci yang kami lakukan untuk membuat konsumen merasa puas, bahkan terus bertanya kapan program ini akan diadakan.

Inilah kuncinya, KONSUMEN AKAN PUAS JIKA…….

Nilai (value) yanng diperoleh oleh konsumen jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya (cost) yang dikeluarkan oleh mereka.

Itu adalah hukum logika universal dan berlaku untuk semua segmen pasar, mulai dari pasar papan atas hingga menengah ke bawah. Kasus ini sama persis dengan apa yang mereka terima dalam program Young Trainer Academy kami. Dengan biaya investasi yang tidak seberapa besar, mereka mendapatkan fasilitas pelayanan penuh, mulai dari ruangan yang nyaman, makanan yang terjamin, sertifikasi, mendapatkan keanggotaan klub alumni, dan masih banyak lagi. Bahkan, banyak pesaing kami yang kaget dengan apa yang kami lakukan dan menganggap apa yang kami berikan terlalu murah.

Sudahkah Nilai Tambah yang Anda berikan jauh lebih besar dibandingkan dengan harga yang Anda tawarkan kepada konsumen Anda?

Ada sebuah cara untuk bisa melakukan hal tersebut, yaitu adalah lean production system in service. Konsep ini akan kita bahas lebih lanjut pada tulisan – tulisan saya berikutnya.

Semoga bermanfaat! 🙂

Apakah menurut Anda tulisan saya bermanfaat? Saya juga sering sharing via Twitter dan BBM saya. Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!