Experience

Talkshow Validasi Bisnis Bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga di Global Radio Jakarta

Pada 1 Agustus 2019 lalu, saya berkesempatan untuk menjadi narasumber talkshow di Cafe Sore mewakili Kementerian Pemuda dan Olahraga di Global Radio Jakarta. Topik yang disampaikan adalah mengenai validasi bisnis. Apa sih validasi bisnis itu? Secara sederhana, validasi bisnis adalah sebuah proses untuk mengetahui apakah ide bisnis yang kita miliki diminati dan mampu diserap oleh pasar.

Mengapa validasi bisnis itu penting? Karena seringkali mahasiswa atau pengusaha pemula itu begitu “Pede” terhadap ide – ide bisnis kreatif mereka, padahal ide bisnis tersebut kebanyakan muncul dari asumsi-asumsi yang belum jelas kebenarannya. Sebagai contoh, banyak wirausahawan pemula yang menggeneralisir masalah yang mereka hadapi secara pribadi juga dihadapi oleh sebagian besar orang. Dengan keyakinan ini, mereka kemudian membuat produk dan jasa untuk memecahkan masalah tersebut. Setelah produk itu diluncurkan, ternyata peminatnya sangat sedikit dan produk itu tidak laku. Kejadian seperti seringkali dinamakan sebagai ide bisnis berbasis asumsi yang tidak valid.

Maka dari itu, validasi bisnis sangat penting untuk diketahui oleh pengusaha pemula. Validasi bisnis bukan berarti menghilangkan sama sekali risiko kegagalan dalam bisnis, tetapi setidaknya dapat memperkecil risiko gagal yang dihadapi.

Bagi sahabat yang tidak sempat mengikuti talkshow tersebut, silakan simak rekamannya berikut ini. Semoga bermanfaat untuk sahabat yang sedang berjuang melakukan validasi bisnisnya.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar