Experience

Talkshow Validasi Bisnis Bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga di Global Radio Jakarta

Pada 1 Agustus 2019 lalu, saya berkesempatan untuk menjadi narasumber talkshow di Cafe Sore mewakili Kementerian Pemuda dan Olahraga di Global Radio Jakarta. Topik yang disampaikan adalah mengenai validasi bisnis. Apa sih validasi bisnis itu? Secara sederhana, validasi bisnis adalah sebuah proses untuk mengetahui apakah ide bisnis yang kita miliki diminati dan mampu diserap oleh pasar.

Mengapa validasi bisnis itu penting? Karena seringkali mahasiswa atau pengusaha pemula itu begitu “Pede” terhadap ide – ide bisnis kreatif mereka, padahal ide bisnis tersebut kebanyakan muncul dari asumsi-asumsi yang belum jelas kebenarannya. Sebagai contoh, banyak wirausahawan pemula yang menggeneralisir masalah yang mereka hadapi secara pribadi juga dihadapi oleh sebagian besar orang. Dengan keyakinan ini, mereka kemudian membuat produk dan jasa untuk memecahkan masalah tersebut. Setelah produk itu diluncurkan, ternyata peminatnya sangat sedikit dan produk itu tidak laku. Kejadian seperti seringkali dinamakan sebagai ide bisnis berbasis asumsi yang tidak valid.

Maka dari itu, validasi bisnis sangat penting untuk diketahui oleh pengusaha pemula. Validasi bisnis bukan berarti menghilangkan sama sekali risiko kegagalan dalam bisnis, tetapi setidaknya dapat memperkecil risiko gagal yang dihadapi.

Bagi sahabat yang tidak sempat mengikuti talkshow tersebut, silakan simak rekamannya berikut ini. Semoga bermanfaat untuk sahabat yang sedang berjuang melakukan validasi bisnisnya.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!