Uncategorized

Teknik Menjadi Coach Bisnis Untuk Diri Sendiri

Written by Arry Rahmawan

Pernahkah Anda mendengar kata Coach? Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata Coach? Banyak orang yang terbayang atau menjawab bahwa fungsi seorang coach adalah melatih, memperbaiki, atau membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Seorang life coach memang memiliki fungsi demikian. Namun apa bedanya seorang coach dengan seorang trainer, konselor, atau yang lainnya?

Secara sederhana, coaching dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan pengembangan diri untuk membuat klien (coachee) mencapai targetnya dengan cara mengembangkan potensinya dari dalam. Sehingga, coaching akan sangat disesuaikan dengan siapa diri yang dicoach, dan tidak membuat sebuah ukuran ‘satu untuk semua’ yang baku. Maka dari itulah mengapa seringkali seseorang membayar mahal seorang coach untuk membantu mereka mencapai sesuatu karena dengan coaching mereka akan dituntun untuk mengembangkan diri menyesuaikan dengan kondisi dan diri mereka sendiri.

Nah, coach adalah orang yang melakukan hal di atas.

Bisakah kita menjadi seorang coach untuk diri kita sendiri? Tentu bisa, karena ada salah satu teknik yang biasa digunakan oleh seorang coach yang bisa kita gunakan, yaitu powerful questioning. Saya belajar teknik ini beberapa bulan yang lalu dari seorang coach ternama dan ternyata itu bekerja buat saya. Siapa tahu ini juga bekerja untuk Anda, karena setiap orang pasti bisa bertanya kepada dirinya sendiri. Masalahnya apakah pertanyaan yang terlontar itu tepat atau tidak. Berikut ini adalah caranya agar kita bisa menjadi coach untuk diri kita sendiri.

Powerful Questioning

Powerful questioning adalah teknik bertanya yang menghasilkan jawaban yang memberdayakan orang yang ditanya. Teknik ini sebenarnya seperti dua sisi mata uang. Karena powerful questioning ini ada yang bersifat destruktif, netral, dan konstruktif. Mengapa seseorang sampai perlu seorang coach sebenarnya adalah untuk membantu mereka merumuskan pertanyaan yang konstruktif sehingga mereka bisa menemukan jawaban yang konstruktif pula. Hal ini bisa dipahami karena kebanyakan orang justru melontarkan pertanyaan destruktif atau netral kepada dirinya sendiri yang membuat diri semakin tidak berdaya.

Berikut adalah contoh pertanyaan destruktif:

Saya memulai bisnis seperti ini saja gagal, apa saya sudahi saja sekarang?

Mengapa saya gagal terus menemukan passion saya? Apa jangan-jangan saya tidak punya passion?

Masakan saya sangat tidak enak, mungkin karena saya tidak berbakat menjadi koki kali ya?

Pernahkah pertanyaan-pertanyaan ini muncul dalam diri Anda dan bertanya kepada diri Anda sendiri? Jawaban apa yang kira-kira keluar? Setelah jawaban itu keluar, apa yang kemudian Anda lakukan? Kemungkinan besar biasanya Anda akan mengikuti jawaban dari pertanyaan Anda dan tipe pertanyaan di atas sangat powerful untuk menghancurkan hidup atau bisnis Anda. Pertanyaan destruktif dapat mudah dilihat jika dia ada judgement negatif secara langsung di dalamnya.

Berikut ini adalah contoh pertanyaan netral:

Apa yang saya inginkan dari bisnis yang saya pimpin sekarang?

Apakah passion itu penting? Kenapa?

Kenapa saya susah sekali untuk bisa memasak makanan enak?

Tipe pertanyaan netral lebih ‘mendingan’ dibandingkan pertanyaan destruktif. Sifatnya lebih ke arah mencari informasi dan menjawab pertanyaan ‘mengapa’. Pertanyaan ini tidak menggerakkan, namun hanya membuat kita ‘sekedar tahu’.

Nah, berikut ini adalah contoh pertanyaan konstruktif, perhatikan bedanya:

Langkah apa yang bisa saya lakukan untuk membuat penjualan bisnis saya meningkat 50% bulan ini?

Buku apa yang perlu saya baca agar saya bisa lebih mudah menemukan passion saya?

Kepada siapa saya harus belajar untuk bisa menjadi seorang koki nomor 1 di kota saya?

See? Apakah Anda melihat perbedaannya? Pertanyaan yang tepat akan menumbuhkan harapan, cita-cita, asa, dan juga solusi nyata bagaimana Anda mencapainya. Pertanyaan ini bersifat menggerakkan dan terlihat jelas apa yang sebenarnya kita kejar. Maka untuk membuat pertanyaan konstruktif setidaknya Anda perlu tahu apa yang Anda kejar secara spesifik dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya.

Berawal dari pertanyaan sederhana, perasaan bisa ditentukan apakah bersifat negatif, netral, atau positif. Anda bisa mulai membiasakan memperbaiki pertanyaan yang terlontar untuk diri kita sendiri. Sejak saya menerapkan teknik ini, saya menjadi lebih mudah untuk mencapai impian dan goals yang sudah saya canangkan.

Selamat menjadi SELF COACH! Semoga bermanfaat!

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!