Uncategorized

There's No Plan B

Dulu sewaktu saya seringkali memimpin kepanitiaan atau menjadi ketua bidang acara, seringkali saya mengarahkan teman-teman saya untuk tidak lupa membuat rencana cadangan. Rencana A, B, C, bahkan jika tidak berjalan… Rencana E! Bayangkan, mungkin susunan acaranya cuma satu, tetapi variannya banyak! 😀

Tapi kemudian saya menjadi yakin bahwa memiliki plan B atau rencana cadangan harus dipilih-pilih dan kalau bisa tidak dibuat kalau memang tidak dibutuhkan. Kenapa? Ini saya dapatkan dan benar-benar terbukti sewaktu saya mengikuti kompetisi PPIC Games 2011 tahun lalu.

Ada apa di kompetisi itu? Sebelumnya, PPIC Games adalah semacam permainan simulasi untuk perencanaan produksi, salah satu aspek penting dalam untaian rantai pasok (supply chain) dalam industri. Nah, kebetulan tim saya yang beranggotakan 11 orang dinamakan The A Team. Kenapa dinamai itu? Agar kita semua menjadi yang terdepan, bisa memenangkan PPIC Games ini (dari 8 tim waktu itu bersaing) dan menggondol juara bergengsi di Dept. T. Industri UI ini. Filosofinya keren yah? Mungkin bagi teman-teman yang sering nonton film pasti tahu deh itu bener-bener copas dari serial The A Team, hehe..

Tapi tidak cuma disitu, karena The A Team punya slogan yang keren juga. Slogannya adalah “There’s No Plan B”. Itu bener-bener ga cuma sekedar slogan di The A Team PPIC Games saya, tetapi benar-benar diterapkan, di mana kita hanya punya satu rencana: Juara 1. Ga ada rencana cadangan. Ga ada yang namanya plan B.

Akibatnya? Semua anggota tim itu dari awal mindset nya juara. Bener-bener jadi juara. Berlatih keras, sungguh-sungguh. There’s no Plan B. Rencana kita cuma satu. Rencana kita adalah menjadi juara. Titik.

Apa yang kemudian terjadi? Alhamdulillah manjur! Bayangkan, The A Team pun menjadi juara 1 dalam PPIC Games 2011 ini. Bagi beberapa mahasiswa T. Industri 2009 mungkin ada yang menganggap saya lebay ya.. ^^, tapi coba lihat pelajaran pentingnya. Inilah dia foto kemenangan saya beserta tim. If you like to meet women offline, you will be able to find them online as well. You will just need to use a forum such as Craigslist or a hookup dating site to search for them. You will be miami hookup apps able to find local singles that are seeking partners to go out on dates with. This is the best way to meet a local woman that you may be interested in going on a date with.

Kadang, kita sebagai seseorang yang memiliki impian, sudah “takut duluan” kalau tujuan utama atau apa yang kita cita-citakan itu tidak kesampaian. Bayangkan, bagaimana mungkin kita akan mendapatkan impian kita jika membayangkannya saja kita ngeri? Padahal kan, apa yang kita dapatkan itu berasal dari apa yang kita pikirkan bukan? Karena takut, tanpa sadar kita membuat plan B. Rencana cadangan.

Parahnya nih, ternyata eh ternyata banyak dari mereka yang ketika sudah mendapatkan plan B, malah sudah merasa cukup. Ngerti kan maksudnya? Karena memiliki Plan B, C, dan D, ketika salah satu plan tercapai, eh malah kemudian sudah puas. Akibatnya? Usaha untuk mendapatkan yang A berkurang karena sudah mendapat cadangan? Buat apa? Toh sudah aman kok.

There’s No Plan B inilah yang kemudian membuat saya menerapkannya dalam membangun usaha dan menularkannya ke seluruh sahabat di @CerdasMulia. Saya jarang membuat rencana-rencana cadangan, karena memang yakin dan insyAllah atas izin Allah saya bisa mencapainya. Karena tidak ada rencana cadangan inilah, kita mau ga mau ya harus all out dalam bertindak. There’s no Plan B. Raih rencana utama kita. Raih cita-cita utama kita!

Tetapi, cara seperti ini bukanlah cara untuk menjamin bahwa apa yang kita rencanakan pasti tercapai. Masih ingat kan artikel yang saya tulis kemarin tentang 3 Cara Allah dalam Menjawab Doa? Kegagalan-kegagalan itu mungkin dan sangat mungkin terjadi. Tetapi justru di waktu itulah kita mendapatkan pelajaran berharga. Filosofi sederhana dari There’s No Plan B adalah sebenarnya jangan takut duluan bahwa kita tidak bisa mencapai apa yang kita impikan. Keuda, tidak ada jalan lain kecuali all out untuk mendapatkan apa yang kita impikan. Jika sudah dibuat cadangan, bisa jadi all out kita menjadi berkurang karena kita sudah merasa nyaman dengan rencana cadangan-cadangan itu yang sudah kita dapatkan. Gitu aja sih, hehe… 🙂

Oke, itulah tulisan hari ini ya.. ^^

Jadi bagimana menurut kamu? Perlukah dibuat Plan B?

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!