High Performance Me

Tidak Ada Kata yang Terbaik

Hari ini saya melakukan sebuah dialog eksklusif dengan kakak angkatan saya yang saat ini sedang menuntut ilmu di luar negeri. Sewaktu masih mahasiswa di UI, beliau merupakan salah satu petinggi kampus, memiliki catatan akademik bagus, dan kemudian setelah lulus pun langsung mendapatkan beasiswa Ph.D ke salah satu sekolah terbaik dunia yang ada di Eropa. Menurut saya, beliau ini luar biasa.

Banyak obrolan-obrolan hangat yang terjadi antara saya dengan kakak angkatan saya ini. Tentu sebagai seorang junior, saya bertanya-tanya tentang apa rahasia dia agar menjadi seorang yang terbaik. Terbaik di organisasi, terbaik di akademik, dan sebagainya. Namun jawabannya sangat mengejutkan.

“Pada dasarnya, kita tidak pernah bisa mengatakan diri kita menjadi yang terbaik. Karena bisa jadi, saat ini, di belahan dunia lain orang-orang sedang memacu kualitas dirinya untuk terus bergerak menjadi lebih baik. Mengatakan diri yang terbaik, akan membuat kita berhenti belajar, merasa sudah sukses, yang pada akhirnya kita akan mengalami stagnansi.”

Saya langsung merasa tertohok dengan kata-kata tersebut. Kalimat tersebut memang sangat sederhana, namun membuat kita menjadi berpikir bahwa bisa jadi itu yang sedang kita alami sekarang. Bisa jadi, saat ini kita merasa sudah menjadi yang terbaik, sering dielu-elukan orang, dianggap sudah sukses, sehingga kita tidak ingin lagi melakukan improvisasi atau peningkatan diri.

Steve Jobs punya kata-kata terkenal terkait dengan hal ini, yaitu Stay Hungry Stay Foolish, tetaplah lapar, tetaplah bodoh, sebesar apapun prestasi yang sudah kita lakukan. Jangan sampai kita terjebak dalam champions trap, jebakan para juara.

Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini: jika seseorang merasa bahwa diri mereka sudah menjadi yang terbaik maka mereka akan berhenti belajar dan memperbaiki diri.

Bagaimana pendapat Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!