High Performance Me

Tips dan Trik Membuat Resolusi di Tahun 2014

Hai Guys! Tidak terasa banget ya sekarang kita sudah berada di penghujung tahun 2013 dan sebentar lagi kita akan menyongsong tahun 2014! Tentunya selain menyambut datangnya pergantian tahun dengan sukacita dan semangat baru, kita juga biasanya akan semangat menyusun resolusi hidup kita untuk tahun 2014. Dan…. teman-teman mungkin sekarang sedang mempersiapkan resolusinya nih ya, hehe…

Sebelumnya pada hari Jumat kemarin, saya diminta sahabat saya, @yoraanastasha untuk sharing di Twitter tentang bagaimana membuat dan mencapai resolusi di tahun 2014. Tulisan ini adalah semacam rangkuman dari Twittalk dengan hashtag #resolusi kemarin. Mengapa kita perlu membuat resolusi? Apa itu resolusi? bagaimana cara membuat resolusi yang mudah untuk dicapai? Berikut ini adalah rangkumannya. Semoga bermanfaat!

Resolusi – Apakah Penting?

Apakah Anda memiliki semacam wish list dan impian-impian yang ingin dicapai di tahun 2013 kemarin? Yap, itulah yang dinamakan resolusi 2013. Apakah memiliki resolusi itu penting? Sebagian orang menganggap bahwa resolusi adalah sekedar omong kosong dan bersifat hangat-hangat tahi ayam, hanya semangat di awal namun kemudian semakin lama semakin lupa. Bagi sebagian orang, resolusi merupakan sebuah proposal hidup di mana hal tersebut menjadi pegangan arah untuk menjalankan kehidupan di tahun tersebut.

Bagi saya, resolusi adalah hal yang sangat penting agar kita menentukan sendiri ke mana arah hidup kita. Resolusi akan menjadi tidak berguna jika tidak dievaluasi dan dikejar dengan aksi nyata sepenuh hati. Jika hanya sekedar dituliskan tanpa dilihat kembali, maka itu hanya sebuah halusinasi. Ya, resolusi yang tadinya diniatkan untuk menjadi sebuah visi malah hanya menjadi sebuah halusinasi. Lantas jika penting, mengapa banyak orang pesimis dalam mengejar resolusi mereka? Hal ini biasanya dikarenakan resolusi hanya dibuat, ditulis, dan dilihat di awal tahun tanpa pernah ditengok lagi seiring berjalannya waktu. Tentu saja resolusi tersebut akan mudah terlupa dan hasilnya tentu tidak akan maksimal.

Langkah – Langkah Menciptakan Resolusi

Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk memperbesar peluang Anda dalam meraih resolusi di 2014 nanti. Hal ini saya terapkan setelah membuat resolusi di tahun 2013 dan apa yang saya capai di tahun 2013.

Langkah Pertama adalah melakukan EVALUASI. Yap, sebelum kita memulai untuk membuat resolusi kita, ada baiknya kita mencoba untuk merefleksikan apa-apa saja yang sudah kita capai, kelebihan apa yang bisa kita pertahankan, serta kekurangan apa saja yang perlu kita buang. Melakukan evaluasi ini juga akan membantu kita untuk memilih, mengukur, dan mengetahui impian apa saja yang realistis untuk kita capai.

Langkah kedua adalah MENULISKAN resolusi kita. Menuliskan ini pun bukan sembarang menulis, namun juga harus diperhatikan detil dan tingkat realistis nya untuk dicapai. Tuliskanlah resolusi-resolusi yang dapat membuat kita semangat dan tidak hanya berupa angan-angan abstrak seperti, “saya ingin bahagia.” Beberapa conntoh dapat Anda lihat pada resolusi 2013 saya atau resolusi 2014 yang akan saya tuliskan setelah posting ini.

Langkah ketiga adalah SEIMBANGKAN aspek resolusinya. Resolusi bukan hanya tentang capaian-capaian yang beersifat materi, karir, atau duniawi saja, namun sebagai manusia kita memiliki 3 unsur utama yaitu akal, hati, dan raga. Seimbangkanlah aspek-aspek tersebut, bisa berupa hubungan dengan keluarga, karir, finansial, spiritual, dan lainnya sesuai kebutuhan Anda. Saya pun membagi bentuk resolusi menjadi dua, yaitu resolusi capaian dan resolusi rutinitas. Lengkapnya Anda bisa melihat contoh resolusi 2014 saya.

Langkah keempat adalah SHARE kepada kerabat dekat atai orang di sekitar Anda. Berbagi resolusi hidup, apalagi dengan orang-orang terdekat akan membantu Anda untuk menjaga semangat karena akan ada orang yang mengingatkan di saat Anda lupa dan mendukung Anda di saat Anda semangat. Pun saat Anda mencapainya Anda bisa berbagi perjuangan manis Anda kepada orang yang mengetahui resolusi Anda. Selain berbagi pada orang-orang terdekat, saya juga mencoba berbagi resolusi saya dengan rutin di blog ini.

Langkah kelima adalah TAKE ACTION. Visi dan resolusi tanpa aksi nyata adalah sebuah halusinasi. Maka, live your life saat Anda sudah membuat dan menciptakan resolusi Anda. Evaluasi kembali dan revisi resolusi-resolusi Anda seiring dengan perjalanan untuk mencapainya. Bagian evaluasi dan revisi inilah yang umumnya lupa dilakukan oleh banyak orang dan orang hanya semangat menciptakan resolusi mereka di awal tahun. Resolusi sebaiknya dievaluasi sepanjang tahun agar kita tahu sejauh apa kita melangkah dalam mencapai resolusi-resolusi kita.

Yap, demikian tips dan trik yang bisa saya berikan untuk anda terkait dengan resolusi hidup. Selamat menciptakan resolusi untuk tahun 2014 dan semangat mengejar resolusi Anda.

Apakah Anda memiliki tips dan trik lainnya dalam menggapai resolusi hidup?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!