Uncategorized

Tips Manajemen Waktu Bagi Penulis

Kadang saya berpikir dan bertanya, kenapa ada seorang penulis yang dalam 24 jam bisa menghasilkan puluhan tulisan dalam sehari, sementara penulis lainnya hanya menghasilkan beberapa tulisan yang bisa dihitung dengan jari. Pastinya bukanlah waktu yang kurang, karena keduanya sama-sama diberikan waktu 24 jam.

Saya juga punya seorang teman yang super sibuk namun tetap konsisten menulis di blognya, sementara ada teman saya yang ingin jadi penulis dan memiliki banyak waktu senggang namun sedikit sekali tulisan yang dihasilkan di blognya. “Ah, dia memang rajin! Dia memang senang menulis.” Berbagai macam excuse pun terlontar dari hati tanpa sengaja yang hanya ingin pembenaran akan kemalasan. Percayalah bahwa mau sepanjang apapun kita excuse, itu tidak ada arti apapun bagi kemajuan kita. Oke, bagi sobat yang ingin menjadi penulis yang lebih produktif, berikut adalah beberapa tips manajemen waktu bagi penulis yang bisa sahabat terapkan sehari-hari. Bukanlah waktunya yang kurang, tetapi bagaimana kita memanfatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya.

1. Tentukan Target Tulisan

Sewaktu saya menulis buku SimplyProductive, saya menargetkan menyelesaikan 3 halaman per harinya dan ternyata ini sangat efektif. Saat kita menentukan target-target apa yang bisa kita selesaikan terkait tulis menulis, maka itu akan mendorong dan selalu mengingatkan kita bahwa kita sedang membuat sebuah komitmen terhadap diri kita sendiri. Sama seperti blog ini, setiap hari di daftar to do list saya tercantum “membuat tulisan untuk Blog Kak Arry” yang alhamdulillah mendukung produktivitas saya dalam blogging.

2. Menyediakan Waktu Khusus

Salah satu cara yang bisa digunakan oleh penulis untuk mengatur waktunya agar lebih efisien adalah mencari waktu yang tepat dan khusus untuk menulis. Umumnya setiap penulis memiliki writing time nya sendiri-sendiri. Ada yang selepas shalat subuh, ada juga yang sebelum tidur, atau bahkan ada yang di siang hari. Nah, jika sudah menemukan waktu khusus untuk menulis itu, menulislah di waktu yang memang inspirasi mudah mengalir. Ini akan dengan mudah mendorong tulisan dan kreativitas Anda.

3. Menulis Secara Berkala

Ingin menulis setiap hari, dua hari sekali, atau sepekan sekali? Itu tidak masalah. Tetapi jika memang ingin benar-benar memanfaatkan waktu untuk menulis, sediakanlah waktu secara berkala agar kita selalu konsisten untuk menghasilkan tulisan baru atau menambah koleksi tulisan yang kita hasilkan. Saya sendiri menulis secara berkala setiap hari dan jika sedang menulis buku, saya menulis dua hari sekali masing-masing 10 halaman A4.

4. Mencicil Namun Konsisten

Kebanyakan penulis biasanya baru akan bergerak saat sudah mendekati masa-masa akhir pengumpulan alias dateline. Cara lain yang bisa digunakan daripada kita stress mengerjakan di akhir batas waktu, lebih baik kita breakdown beban tulisan kemudian kita cicil secara konsisten. Seperti misalkan saat saya ingin menerbitkan buku kedua saya, saya dikejar target oleh editor terkait dengan pengumpulan naskah. Nah, biasanya saya kemudian membagi beban tulisan jadi kecil-kecil agar tidak terlalu berat menyelesaikannya di akhir.

Yap, demikianlah 4 buah tips untuk mengatur waktu biar kita bisa lebih produktif dalam menulis. Semoga bermanfaat buat sahabat semua, terutama memang yang ingin fokus menjadi seorang penulis ya.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!