Uncategorized

Tips Membuat Slide Presentasi Kreatif dengan Rekam & Remix (Writing Challenge #26)

Berprofesi sebagai trainer itu memang mengasyikkan. Selain dikelilingi oleh orang yang positif, saya juga bisa terus – menerus belajar untuk meningkatkan kapasitas diri. Pelajaran yang ingin saya bagikan kepada kamu kali ini saya dapatkan dari salah satu trainer peserta kelas inkubasi trainer CerdasMulia Institute yang dilaksanakan pada 23 – 24 Oktober lalu di Cigamea, Bogor.

Sebanyak 13 trainer muda yang telah melalui fase pembekalan, ditantang untuk memberikan materi terbaik mereka selama 15 menit. Satu per satu kemudian mendemonstrasikan kemampuan terbaik mereka dalam memberikan materi. Salah satu yang ingin saya bagikan adalah ilmu yang saya dapatkan dari mas Adi Triasmara. Menurut saya, apa yang disampaikannya sangat menarik. Dimas menyampaikan tentang bagaimana membuat slide presentasi kreatif dengan Metode Rekam & Remix. Apakah itu? Yuk, kita simak bareng – bareng!

Mengenal Metode Rekam & Remix

Metode Rekam & Remix adalah sebuah metode di mana kita mencoba untuk melihat dan mengingat (merekam) slide presentasi bagus yang sudah ada sebelumnya, kemudian kita melakukan pengubahan dengan mengganti atau mencampur beberapa unsur menjadi sesuatu yang berbeda.

Metode Rekam & Remix, meyakini bahwa sesungguhnya inovasi itu sudah tidak ada yang orisinil. Sbuah inovasi selalu didasari pada hal yang sudah ada. Maka dari itu, di sini dinamakan rekam dan remix, maksudnya kita merekam yang sudah ada, kemudian remix atau ubah agar bisa menjadi lebih baik.

Bagaimana langkah – langkah agar kita bisa menggunakan metode Rekam & Remix ini? Dimas memperkenalkan ada 3 step yang perlu kita lakukan, yaitu:

Discover, Imitate, Adjust, atau yang disingkat dengan D. I. A

Discover maksudnya adalah kita coba menemukan sumber inovasi yang layak untuk kita tiru.

Imitate maksudnya adalah coba kita pelajari pola dari slide dan struktur yang ingin kita tiru tersebut.

Adjust maksudnya adalah kita mengubah detil dari setiap slide yang kurang baik agar menjadi lebih unik atau elegan,

Ternyata, membuat slide yang keren itu sederhana, ya! Agar kamu lebih paham, silakan nih kamu saksikan rekaman lengkap video dari Dimas yang menjelaskan bagaimana caranya membuat slide presentasi menarik dengan metode Rekam & Remix. Selamat menyaksikan!

Bagaimana menurut kamu? Setujukah dengan pendapat Dimas tentang bagaimana memebuat slide yang kreatif? Ditunggu jawaban dan komentarnya yaa…

Semoga bermanfaat!

Salam,

Arry Rahmawan
Youth Development Trainer
Founder
CerdasMulia Institute

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!