High Performance Me

Tips Merancang Goals dalam Hidup

Salah satu cara paling sederhana, mudah, dan cepat untuk mengubah apa pencapaian hidup Anda dibandingkan saat ini adalah dengan merancang goals atau target hidup Anda. Banyak orang yang ingin sekali hidupnya berubah, mendapatkan apa yang mereka inginkan, namun seringkali mereka memiliki target yang tidak jelas adanya sehingga hidup pun menjadi kurang menantang dan bergairah untuk mengejar apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Lantas bagaimana cara menyusun goals yang baik itu? Ada begitu banyak caranya, namun hal berikut ini adalah hal mendasar yang perlu Anda ketahui saat Anda menyusun apa yang ingin Anda capai dalam merancang goals dalam hidup Anda.

Buat Target yang Spesifik

Seringkali sewaktu saya mengadakan pelatihan pengembangan diri, banyak yang memiliki target hidup “ingin menjadi orang yang bermanfaat”, atau “ingin menjadi orang yang berguna bagi agama, bangsa, dan negara.” Target hidup yang seperti ini sungguh tidak salah secara esensi, tapi sifatnya yang normatif membuat diri kita tidak semangat dalam mengejar dan tidak menjelaskan pula sesungguhnya kita ingin menjadi apa. Maka, lebih baik jika target yang dibuat menjadi begitu spesifik seperti, “Saya ingin menjadi trainer pengembangan diri yang menginspirasi satu juta orang untuk hidup lebih produktif.”

Perhatikan Keseimbangan

Saat Anda merancang target-target hidup Anda, maka perhatikan keseimbangan dalam pembuatan goals Anda. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat goals,

  • Career
  • Health
  • Relationships / Familiy
  • Personal growth
  • Fun / Leisure
  • Finances
  • Spiritual

Ketujuh hal tersebut perlu dipertimbangkan dalam pembuatan goals Anda. Oh iya, saat Anda menjalankan goals, maka fokuslah di salah satunya saja. Misal, Anda punya target ingin mengikuti pengajian untuk menambah kapasitas spiritual Anda, maka fokuslah dalam kegiatan tersebut.

Menulis atau Mencatat

Kita punya hal-hal yang ingin kita capai. Selama itu belum ditulis, maka itu bisa jadi hanya merupakan mimpi belaka karena seringkali orang lupa akan sesuatu yang tidak dicatatnya. Menulis atau mencatat goals kita dapat membantu untuk menumbuhkan fokus yang baik dan mengembalikan kembali kita kepada track yang benar. Tulislah di kertas, smartphone, atau bisa juga membuat poster yang selalu bisa Anda lihat untuk mengingatkan Anda.

Memiliki Batasan Waktu

Mempunyai batasan waktu merupakan salah satu cara ampuh apabila kita ingin mencapai target yang kita lakukan. Kita dapat belajar dari Merry Riana yang mendeklarasikan diri untuk bisa merdeka secara finansial di usianya yang sebelum 30 tahun. Ada batasan waktunya. Begitu pula dengan target-target hidup kita. Sudahkah diberikan batas waktu agar kita lebih semangat dalam mencapainya.

Berdoa Kepada Tuhan

Kekuatan iman juga merupakan kunci saat kita merancang target-target hidup kita. Di saat kita sedang shalat atau beribadah, sudahkah kita meminta kepada Tuhan agar ditunjukkan jalan untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Sesungguhnya Allah itu dekat, bahkan melebihi dekatnya terhadap urat leher manusia itu sendiri. Namun sayangnya, sedikit yang percaya dahsyatnya kekuatan Allah dalam mendukung pencapaian cita-cita dan target seseorang.

Syarat untuk dikabulkannya sebuah doa sederhana saja, laksanakan perintah Allah dan jauhi larangannya.

Nah, demikianlah tips dan trik tentang bagaimana merancang goals dalam kehidupan ini. Semoga bermanfaat.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!