Uncategorized

Tips Social Media untuk Personal Branding (2)

Yup, sesuai janji yang kemarin saya akan menulis tentang tips-tips social media untuk meningkatkan personal branding kita. Peningkatan brand ini bisa menawarkan berbagai macam tawaran dan kesempatan menarik yang tidak kita duga sebelumnya. Namun perlu diingat, dalam membangun branding, kita perlu memastikan bahwa persepsi yang kita bentuk bisa kita delivery sesuai dengan apa yang kita sampaikan.

Nah, berikut ini adalah tips-tips social media untuk personal branding yang semoga bermanfaat untuk Anda. Bagian kedua.

Slideshare: Jika expertise Anda sangat berhubungan dengan materi intelektual, inovasi, dan seringkali menggunakan slide, maka manfaatkan Slideshare ini untuk mengukuhkan posisi Anda sebagai expert di bidang Anda. Banyak orang yang tidak ingin berbagi materi karena itu merupakan rahasia. Kalau itu memang tidak bisa dibagi. Tetapi kita bisa saja untuk membuat slide yang bermanfaat, sedikit materi, dan kita bisa mendapatkan feedback dari orang-orang yang kebanyakan adalah ucapan terima kasih karena sudah membagi hal bermanfaat. Bahkan kadang ada beberapa teman saya yang berubah hanya karena slide saya. Beberapa yang bisa dilakukan:

  • Upload slide yang serius dalam hal materi dan desain. Buat materi yang berbobot dan berisi. Saran saya, share slide yang bersifat How-To.
  • Buat semacam profil lengkap dalam slide dan kontak untuk kemudahan menghubungi Anda. Targetkan bahwa dari slide tersebut, Anda memiliki kenalan baru

Google+: Saya baru memakai Google+ karena saya masih berasumsi bahwa sedikit dari teman-teman saya yang menggunakannya. Buat apa menggunakannya kalau misalkan kita tidak memiliki jaringan? Namun ternyata Google+ bisa menaikkan personal brand kita dengan cara berikut ini,

  • Perbanyak Circle Friend Anda terlebih dahulu. Invite mereka yang menjadi kontak email Anda.
  • Post tentang tanggal-tanggal aktivitas Anda dalam event, segala hal terutama terkait dengan expertise Anda. Entah itu terkait dengan seminar, penelitian, pelatihan, atau hal apapun yang sedang Anda agendakan di hari itu.
  • Post artikel-artikel bermutu yang pernah Anda tulis di Google+, hal ini akan memudahkah Google untuk mengindeks artikel Anda dan juga Anda sebagai pribadi akan diberikan tambahan kredit Google Authorship.

LinkedIn: Adalah social media yang dikhususkan untuk membentuk jaringan profesional kerja. Namun sering juga ini digunakan oleh para pembuka lowongan kerja untuk mencari orang atau SDM yang sesuai. Saat kita tepat menuliskan apa yang ada di LinkedIn kita, maka peluang untuk mendapatkan tawaran pekerjaan baru semakin mudah. Terkait LinkedIn, saya punya 13 tips dalam satu artikel tersendiri yang bisa Anda lihat di Membangun Personal Branding dengan LinkedIn.

Blog atau Website: Buat saya ini adalah kasta social media paling tinggi yang bisa Anda gunakan sebagai alat untuk menjual diri Anda. Seperti yang saya gunakan saat ini. Tips untuk membangun personal branding dari website atau blog sangat sederhana: buat profile page yang bagus dan update dengan artikel atau tulisan yang berkualitas, khususnya terkait dengan expertise Anda. Anda juga bisa menggabungkan atau embed semua jalur social media Anda di sini. Seperti yang saya lakukan, hehe..

Jika Anda menggunakan salah satu channel social media saja sebenarnya sudah bisa membuat brand Anda sebagai seorang personal naik. Namun, jika menggunakan semuanya bisa jadi nanti Anda akan melejit menjadi orang beken baru, saya menyebutnya OBB. Sudah banyak contohnya, terutama yang justru menggunakan media visual seperti Youtube yang lebih sering melejit jika Anda menghibur penontonnya.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!