Uncategorized

Tujuan Akhir dalam Bisnis

Mobil banyak, duit berlimpah, rumah mewah, gadget bagus, belanja banyak, royal, bisa main golf dan jalan-jalan keliling dunia. Inilah beberapa hal yang saya temui menjadi impian setiap orang, apalagi mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis. Alasan yang umumnya mendorong seseorang untuk terjun ke bisnis adalah karena ingin mengubah hidup menjadi kaya raya. Bahasa singkatnya: ingin memiliki materi lebih banyak dari orang rata-rata.

Seringkali kita juga merasa kagum dengan pengusaha sukses yang memiliki banyak ajudan, pakaian perlente, mobilnya banyak, gaya hidupnya mewah, omzet miliaran, dan seringkali juga kita menjadi mereka sebagai role model. Ada satu hal yang menurut saya sangat penting untuk diketahui oleh seorang studentpreneur sebelum memulai bisnis agar diberikan kelancaran: Apakah tujuan akhir dalam bisnis kita?

Begin with the end of mind, adalah hal yang saya selalu ingat di buku 7 Habits Stephen Covey. Kita perlu melihat segala sesuatunya dari akhir pemikiran kita. Termasuk dalam memulai bisnis, apakah yang menjadi tujuan akhirnya?

Apakah menjadi kaya raya? Apakah membuka lapangan pekerjaan? Apakah ingin hidup santai, mewah, dan nyaman? Apakah ingin punya mobil yang banyak? atau hal-hal lainnya?

Menentukan tujuan akhir yang berbeda, akan menentukan pula bagaimana kita berlaku terhadap bisnis kita. Sebagai contoh, saya punya kenalan seorang yang (katanya) pengusaha dari sebuah himpunan. Menurutnya, inti dari bisnis itu adalah uang yang harus disertai dengan penampilan. Sewaktu dia diundang untuk memberikan acara, ajudannya banyak, ingin disediakan tempat khusus, bahkan ingin disediakan ‘minuman’ dan tidak jarang juga meminta diantar ke diskotik. Sebagai pengusaha, kita harus menjaga gaya hidup seorang pengusaha, yaitu bosnya jalan dan senang-senang, tapi bisnis tetap jalan katanya. Selang beberapa lama kemudian, bisnisnya hancur. Ternyata semua penampilannya berdasarkan dari hutang-hutang yang tidak bisa dikembalikan. Ternyata, tujuan orang ini punya bisnis adalah ‘ingin dihortmati dan diperhitungkan sebagai orang kaya.’ Padahal, semua asetnya adalah hutang. Hal ini pernah menjadi inspirasi bagi saya untuk menulis Beda antara Orang Kaya dan Terlihat Kaya.

Ada lagi saya pernah menemukan seorang pengusaha bidang fashion yang sangat sederhana. Saya awalnya tidak mengenalnya, kemudian saya diajak untuk mengunjungi rumah tahfidz binaan beliau. Saat saya tanya apa saja bisnisnya, ternyata berawal dari omzet ratusan ribu per bulan, sekarang sudah miliaran. Saya kaget. Bagaimana caranya? Dia hanya menjawab, “Bisnis itu tujuan akhirnya adalah mendekatkan diri kita kepada Allah. Keuntungan bisnis yang saya terima pada awalnya dulu, selain diputar kembali juga saya investasikan untuk rumah tahfidz. Saya ingin bisnis saya ini berkontribusi melahirkan para hafidz quran. Dari situ ternyata saya mendapatkan doa dari mereka. Didoakan agar bisnis saya lancar, dan ternyata Allah menjawabnya. Omzet saya semakin naik, rumah tahfidz pun sekarang semakin banyak. Jika semakin suksesnya bisnis kita namun malah menjauhkan seseorang dari tuhannya, buat apa?

Jujur saya tidak pernah silau dengan pengusaha sukses yang kaya hanya untuk dirinya sendiri. Saya tidak kagum terhadap mereka yang mobilnya banyak, rumahnya banyak, jalan-jalan keliling luar negeri, namun semua untuk dirinya sendiri. Saya lebih kagum terhadap mereka yang tampil apa adanya, walaupun bisnisnya miliaran rupiah, tampil setara dengan orang lain, namun berkontribusi mengembangkan banyak orang. Mereka inilah yang memulai sebuah tujuan akhir dalam bisnis untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Saya merekomendasikan Anda untuk bergabung di Komunitas Tangan Di Atas (TDA), jika Anda sesuai dan ingin menciptakan value bahwa berbisnis adalah untuk investasi akhirat kita. Bukankah kita memang hidup di dunia ini untuk mempersiapkan kematian? Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!