High Performance Me

Ucapanmu adalah Doamu

Guest Post: Tulisan ini ditulis oleh Siti Adlina Panca Putri. Mahasiswa Fakultas Teknik UI Angkatan 2011. Lina merupakan Asisten Trainer di CerdasMulia Leadership and Training Center.

Suatu hari mimin akan melaksanakan suatu tes beasiswa di salah satu universitas ternama. Lalu, dia bertemu dengan seorang temannya di tempat beasiswa tersebut. Seperti biasa, mereka saling menyapa satu sama lain.

“Hi min! Apa kaba.. Wah udah lama banget kita ga ketemu ya?! Ikut beasiswa ini juga?” Sapa akbar temannya itu.

“Hai Bro, Alhamdulillah baik. Iya nih udah lama sekali ya, kita ga berjumpa. Iya nih Bar, gw ikut beasiswa ini walaupun gw yakin gw ga keterima. Pasti soal-soalnya susah-susah banget deh dan gw pasti ga bisa ngerjain soal-soal nanti.”

“Ohh. Wah sama dong kita. Iya, gw juga yakin soalnya akan susah banget. Tapi, gw akan berusaha untuk menyelesaikan soal-soalnya walaupun sesulit apapun.”

“Wah Bar Optimis banget lu bro. gw mah ga yakin nih. Pasrah aja deh sama soal-soal nanti”

—–

Lalu percakapan mereka harus terhenti karena waktu tes beasiswa akan segera dimulai. Mereka pun menjalankan tes beasiswa tersebut. Setelah tes beasiswa selesai dlakukan, beberapa jam kemudian akhirnya diumumkanlah nama-nama peserta yang lolos ke tahap selanjutnya. Dan tahukah Anda siapa yang lolos tes tersebut?

Petunjuk siapa yang akan lolos tes ke tahap berikutnya ada di penjelasan berikut ini.

Ucapan atau Kata bukanlah sekadar kata yang tidak memiliki makna dan peranan. Pengucapan kata terkoneksi dengan pikiran dan akal seseorang. Dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan , setiap ucapan yang telah terucap oleh mulut kita, akan diserap oleh otak kita . Dan juga, setiap ucapan kita adalah petunjuk atau perintah untuk otak kita untuk melakukan sesuatu dan berpikir sesuatu.

Contohnya saja yaitu jika kita berkata bahwa kita adalah pemberani, maka otak kita akan menangkap perintah bahwa diri kita pemberani. Hal ini membuat tubuh kita akan merespon perkataan tersebut dengan menunjukan sifat-sifat keberanian . dan karena sifat-sifat berani yang dilakukan oleh tubuh kita, maka lama-kelamaan kita akan menjadi seseorang yang berani.

Begitu pula sebaliknya. Misalkan kita mengucapkan bahwa kita tidak dapat mengerjakan soal soal tes beasiswa, maka otak kita akan “merasa” mendapat perintah bahwa kita tidak mampu mengerjakan soal-soal tersebut dan otak kita akan berhenti berupaya untuk mengerjakan soal-soal tes tersebut. Dalam kata lain, saat kita mengucapkan kata “tidak bisa” maka otak kita akan berhenti untuk berpikir dan akan berhenti untuk mencari solusi dari soal-soal yang ada.

Hal ini menunjukan bahwa ucapan juga berpengaruh pada nasib kita. Ya, ibarat kata, ucapan itu seperti doa yang hampir selalu terkabul dan presentase terkabulnya pun sangat besar. hal ini pun telah tercantum pula dalam hadis rasulullah (Kullu kalam addu’a :ucapan adalah doa). Jadi, jika kita mengucapkan kita tidak mampu melakukan sesuatu hal, maka sama saja seperti kita berdoa bahwa kita tidak mampu melakukan sesuatu hal tersebut.

Dan karena hal ini juga, maka sangat dianjurkan untuk semua orang agar mampu menjaga ucapannya kepada orang lain.

Nah jadi, siapakah yang lolos di tes beasiswa di cerita diatas? Tentunya Anda sudah bisa menjawabnya sendiri kan? 🙂

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!