Uncategorized

Watch Your Inner Circle

Written by Arry Rahmawan

Saya sekarang memiliki kebiasaan baru minimal setiap hari membaca buku sebanyak 2 jam. Beberapa bulan yang lalu, saya memutuskan untuk menambah satu kebiasaan baru dalam hidup saya, yaitu membaca buku selama 2 jam per harinya. Sebelum itu, saya jarang sekali membaca buku dengan rutin. Biasanya saya hanya membaca buku di sela-sela waktu luang saya saja, tanpa ada meluangkan waktu khusus.

Awalnya sekedar menanam kebiasaan membaca buku itu mungkin terlihat mudah, saya hanya meluangkan waktu saya selama 2 jam per hari, dan setelah itu selesai deh!

Namun, ternyata sulitnya setengah mati! Haha.. Berbagai macam kegiatan, aktivitas, dan hal lainnya yang tidak disangka-sangka pun terus bermunculan. Niat yang tadinya ingin membaca buku 2 jam setiap hari, lama-lama semakin berkurang karena berbagai macam kesibukan itu. Tadinya bisa per hari dua jam, kemudian pekan depannya terdiskon hanya 1 jam saja, itu pun tidak setiap hari.

Tahukah Anda, bahwa mencoba menanamkan kebiasaan baru dalam hidup ini sulitnya bukan main? Sampai akhirnya saya menemukan sebuah cara yang efektif untuk diterapkan dalam diri saya, yaitu membangun inner circle.

Awalnya saya mengumpulkan teman-teman yang memiliki minat yang sama terhadap membaca, dan kita sama-sama berkomitmen untuk membaca selama 2 jam per hari. Kita kemudian membuat grup whatsapp yang bertugas mengingatkan setiap hari agar kita tidak lupa untuk membaca.

Kesungguhan yang sangat luar biasa terlihat dari grup ini di mana kami semua saling mengingatkan, bertukar informasi terkait buku apa yang kami baca, dan masih banyak lagi hal menarik lainnya. Di waktu itu, saya pun terus menjadi bersemangat untuk menambah bacaan saya, karena saya punya teman-teman terdekat yang terus mendukung saya dan memiliki semangat yang sama pula untuk bisa membaca buku lebih banyak lagi. Akhirnya setelah sekian lama berjalan, kebiasaan baik itu pun terbentuk dengan sendirinya.

Satu hal yang saya rasakan dari kisah ini adalah pentingnya kita dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung diri ini untuk berubah menjadi lebih baik. Saya menyebut lingkaran orang ini dengan sebutan inner circle. Lingkaran ini tidak hanya berfungsi sebagai sahabat dan juga teman terdekat, namun juga memberikan contoh, menyuntikkan semangat, dan mendukung penuh kita untuk berubah.

Banyak orang mengeluh, mengapa diri ini sulit sekali melakukan perubahan dari hal buruk menjadi hal baik, atau saat ingin menanamkan kebiasaan baru. Kebanyakan dari mereka lupa, bahwa untuk menjadi lebih baik, kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang jauh lebih baik dari diri kita. Seseorang terbentuk dari inner circle nya, terbentuk dengan siapa dia bersahabat dekat, bergaul, dan berinteraksi.

Anda ingin menjadi pengusaha sukses? Maka kelilingi diri Anda dengan pengusaha-pengusaha hebat. Anda ingin menjadi seorang penulis? Maka kelilingi diri Anda dengan penulis-penulis hebat. Anda ingin menjadi trainer? Kelilingi diri Anda dengan trainer-trainer yang luar biasa.

Hasil yang lebih baik tidak akan didapat apabila kita dikelilingi oleh orang-orang yang sama. Maka jika kita ingin melihat sejauh mana diri kita berkembang, lihatlah siapa inner circle yang ada di sekitar kita.

Bagaimana menurut Anda?

Ikuti informasi tentang Young Trainer Academy dengan follow @YTAcademy_ID.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!