Uncategorized

We Only Live Once

Hari ini saya mengisi sebuah inspirational talkshow kepada adik-adik tingkat di sebuah fakultas di kampus saya. Beberapa ada yang sudah mengenal saya, namun beberapa ada juga yang belum. Saat itu, model diskusi tentu saja dibuat untuk memfasilitasi tanya jawab. Moderator (yang sebelumnya sudah kenal saya), bertanya.

“Kak, saya mau bertanya kepada Kak Arry. Bagaimana seorang Kak Arry selalu terlihat sebagai soerang yang energinya tidak pernah habis dan selalu bersemangat dalam berkarya? Punya CerdasMulia, menjadi mahasiswa berprestasi, memimpin komunitas tingkat nasional, melanjutkan S2, bahkan juga menulis buku. Bagaimana Kak Arry melakukan itu semua?”

Menurut saya setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda-beda terkait apa yang menjadi pendorong mereka untuk berkarya. Bagi saya, kenapa saya dapat tetap terus menerus berkarya, menulis, mengajar, bahkan berbisnis karena satu hal: We Only Live Once – kita semua hidup di dunia ini hanya sekali.

Kalimat empat kata itu memang sederhana, tetapi menyebabkan rasa takut yang besar buat saya. Saat kita tahu hidup ini hanya sekali, sudahkah kita memberikan dan meninggalkan jejak terbaik dalam hidup kita? Sudahkah kita dikenal sebagai seorang yang inspiratif? Atau justru semasa hidup kita dikenal sebagai seorang yang justru tidak diharapkan kehadirannya di dunia?

Coba jawab pertanyaan ini,

“Apa prestasi terbesar Anda selama hidup di dunia?”

Pertanyaan di atas terus terngiang-ngiang dalam pikiran saat saya tahu bahwa hidup hanya sekali di dunia. Maka saya selalu mencoba, selagi saya diberikan kesempatan hidup maka setiap detik atau menitnya akan saya gunakan jika bukan untuk berprestasi adalah untuk berkarya.

Prestasi bukanlah dinamakan prestasi jika biasa-biasa saja. Dan untuk mendapatkan prestasi yang baik, luar biasa, dan membanggakan, tentu tidak akan lepas dari apa yang namanya target atau impian dalam hidup kita. Pertanyaannya kemudian,

“Sudahkah kita mengetahui dengan jelas apa impian dan tujuan hidup kita?”

Saya ketemu banyak orang yang inspiratif dan biasa saja. Untuk membedakannya sangat mudah: THEIR DREAMS! Ya, hanya dibedakan oleh kejelasan impian, target, dan cita-cita mereka selama hidup.

Jadi, kunci untuk menjawab agar kita hidup selalu antusias dan bersemangat untuk menyalurkan energi positif bisa Anda lakukan dengan merenungkan pernyataan dan pertanyaan ini,

“Kita hidup hanya sekali”
“Selama kita hidup, apa prestasi terbaik yang kita torehkan?”
“Prestasi tergantung dari impian Anda. Sudahkah Anda memiliki kejelasan terkait target hidup dan impian Anda?”

Sampai pada akhirnya kita akan memperoleh sebuah kesimpulan, “We Only Live Once, but once is enough if we do it right.” Bagaimana kemudian hidup yang benar? Tentu adalah dengan meninggalkan jejak kebermanfaatan sebanyak-banyaknya untuk umat manusia.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

 

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Leave a Comment