Experience

Webinar Strategi Menjalani Studi di Tengah Pandemi – November 2020

Written by Arry Rahmawan

Pada 14 November 2020 lalu, saya mengadakan acara webinar bersama Partsol Training and Engineering Services tentang bagaimana strategi menjalani studi di tengah pandemi. Webinar ini diadakan secara online dan disiarkan langsung dengan posisi saya yang masih ada di Belanda. Pada webinar ini saya sengaja mengundang seluruh subscriber blog saya untuk menghadiri acara tersebut secara gratis.

Acara webinar tersebut muncul salah satunya keprihatinan saya dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa yang merasa kesulitan menumbuhkan semangat belajar di masa pandemi ini. Seperti yang kita ketahui bahwa di masa pandemi ini kita mengubah gaya belajar dari yang bentuknya tatap muka, menjadi distance learning atau dikenal sebagai pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya perubahan gaya belajar ini, tentu saja harus diiringi dengan kemampuan beradaptasi dan menjaga semangat dalam belajar.

Sehingga pada webinar kali ini, saya memperkenalkan cara bagaimana agar kita bisa mengenali diri sendiri dengan lebih dalam, serta menggali faktor – faktor apa saja yang membuat diri kita tidak produktif. Setelah itu saya memberikan beberapa strategi aplikatif tentang bagaimana cara untuk menunjang keberhasilan belajar secara online. Saya mengambil strategi ini dari hasil penelitian dari Alqahtani & Rajkhan (2020) yang mencoba menemukan apa saja faktor-faktor penentu dalam kesuksesan belajar daring (online) atau pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Di webinar ini saya berbagi tentang adanya 3 faktor utama yang perlu diperhatikan, yaitu: faktor pelajar, faktor instruktur & tim belajar, serta faktor teknologi yang digunakan. Secara umum, berikut ini adalah bentuk faktor penentu kesuksesan studi di masa pandemi.

Salah satu hal baru yang saya berikan dalam strategi menempuh studi di masa pandemi ini adalah setiap pelajar harus menyadari bahwa ada keterkaitan antara satu faktor dengan faktor lainnya, namun pada webinar kali ini saya menyampaikan 3 strategi dari sudut pandang pelajarnya, yaitu:

  1. Strategi meningkatkan kapasitas pelajar, yaitu strategi yang fokus untuk peningkatan kapasitas belajar pribadi pada masa pandemi. Beberapa contohnya antara lain: (1) Konsisten untuk membuat Do & Don’t List; (2) Menggunakan Pomodoro/Tomato Timer untuk meningkatkan fokus dalam bekerja; (3) Rutin bertemu dengan peer group atau rekan seperjuangan bersama yang memiliki semangat untuk bertumbuh; (4) Memiliki mentor untuk memandu dan menjaga semangat dalam belajar.
  2. Strategi hubungan pelajar – teknologi, yaitu strategi peningkatan kapasitas pelajar untuk dapat berinteraksi lebih baik dengan teknologi. Beberapa contohnya, antara lain: (1) Mengeksplorasi fitur – fitur teknologi yang biasa digunakan dalam pembelajaran jarak jauh sehingga lebih mudah untuk dioptimalkan; (2) Menginstall aplikasi distraction blocker di laptop atau smartphone sehingga kita tidak dapat membuka aplikasi-aplikasi yang mengganggu produktivitas hidup; (3) Meningkatkan strategi dalam mencari informasi di Google (Googling Skill) dan lain sebagainya.
  3. Strategi hubungan pelajar – instruktur atau tim, yaitu strategi peningkatan kapasitas pelajar untuk dapat berinteraksi lebih baik dengan instruktur dan rekan setimnya. Beberapa contohnya antara lain: (1) Membuat rencaana kerja bersama; (2) Membuat laporan atau progress report secara rutin; (3) dan memasang reminder atas deadline atau tugas yang tanggal-tanggalnya jatuh tempo.

Acara webinar ini berlangsung dengan sangat baik selama 2 jam dan dihadiri oleh sekitar 70an peserta. Kebanyakan peserta dari mahasiswa S1 dan beberapa ada yang sedang ingin melanjutkan S2 dan juga S3. Namun pada intinya saya sangat bersyukur pada hari ini saya bisa berbagi strategi belajar di tengah pandemi yang mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk para pelajar di Indonesia.

Untuk rekaman webinar nya insyaAllah akan coba saya upload kemudian.

Salam,
Arry

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!