Uncategorized

What’s Your Impact?

Pada hari Sabtu lalu, saya menyempatkan diri untuk hadir dalam acara Konkretpreneur. Acara ini merupakan sebuah seminar kewirausahaan yang digagas oleh Rumah Kepemimpinan PPSDMS, yaitu sebuah institusi non-profit yang bergerak di bidang kepemimpinan pemuda. Saya sebagai alumni lulusan RK PPSDMS angkatan ke-5, menyempatkan untuk hadir bersilaturahim sekaligus menyerap ilmu dari Konkretpreneur ini. Saya menebak, filosofi dari konkretpreneur adalah mereka para entrepreneur yang secara nyata menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Solusi itu benar – benar konkret, tidak sekedar wacana. Benar – benar sebuah filosofi yang bagus.

Di konkretpreneur, saya berjumpa dengan salah satu sahabat saya yaitu bang Wahyu Awaludin. Kami berdua adalah alumni dari RK di angkatan yang sama. Seperti layaknya seorang alumni yang sudah lama tidak berjumpa, yang dibicarakan juga tidak jauh – jauh : nostalgia masa – masa dulu sewaktu di asrama dan apa kegiatan yang dijalani saat ini. Berawal dari dulu di mana kita suka ngegalau bareng gara – gara ga tahu passion dan ke mana arah tujuan kita, hingga sekarang kita menemukan jalannya masing – masing.

Alumni – alumni RK, siapapun itu adalah orang yang keren termasuk bang Wahyu Awaludin. Dia merupakan co-founder dari salah satu portal parenting, abiummi.com yang baru diluncurkan beberapa saat yang lalu. Passion nya dalam bidang menulis dan digital marketing membuatnya berkarya dalam bidang yang dia suka. Menjadi co-founder di sebuah media online yang bermanfaat sekaligus menjadi editor bersama rekan – rekan lainnya. Dia terlihat sangat senang dan bahagia. Tidak heran, portal abiummi.com berkembang sangat pesat.

Saya sendiri menceritakan apa yang saya lakukan saat ini kepada bang Wahyu. Menjadi founder dari salah satu lembaga pelatihan pemuda, CerdasMulia Institute dan pelatihan TFT untuk anak muda yang paling kece saat ini (narsis banget, hehe), Young Trainer Academy. Selain itu saya juga menjadi staf pengajar di Universitas Indonesia. Passion saya sendiri adalah empowering people. Saya selalu merasa senang dan bersemangat jika turut mengambil andil agar setiap orang lebih berdaya. Berkeliling Indonesia untuk memberikan pelatihan, menjadi instruktur YTA, hingga mengajar di kelas untuk memberikan kuliah. Saya benar – benar senang mengerjakannya.

RK PPSDMS mengajarkan kami banyak hal, salah satunya yang seringkali terngiang adalah materi pelatihan kepemimpinan yang sering kami ikuti. Dalam hidup itu, kita perlu menjawab sebuah pertanyaan penting:

“What’s Your Impact? – Apa Dampak Keberadaan Diri Anda?”

Selama masa pendidikan di RK, kami seringkali diminta untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan itu dengan kontribusi nyata di masyarakat. Jangan sampai, keberadaan atau ketiadaan hidup kita di dunia ini sama saja. Jangan sampai, kesempatan kita hidup di dunia sama sekali tidak menghasilkan karya yang nyata.

Saya jadi ingat dengan beberapa orang yang pernah curhat kepada saya, “Kak, kenapa saya kok merasa hidup saya kurang bermakna?”. Biasanya saya menjawab pertanyaan itu dengan melempar pertanyaan kembali, “Sudahkah keberadaan kamu memberi dampak positif kepada orang lain?” Dampak atau impact merupakan cara ampuh untuk meraih kebermanfaatan dan kepuasan hidup. Saya menulis ini bukan berarti menyatakan bahwa dampak saya untuk masyarakat sudah banyak. Namun, dengan menulis ini saya juga sekaligus memacu diri saya untuk bisa berkontribusi lebih banyak lagi untuk Indonesia dan dunia.

Salah satu cara yang mudah untuk memberikan dampak bagi orang lain adalah dengan memberikan pesan yang bermanfaat dan menggugah, sehingga membuat orang lain berubah. Jika ada diantara Anda atau kerabat yang ingin mengikuti jejak saya sebagai seorang trainer sebagai upaya memberi kontribusi bagi dunia, Anda bisa mengikuti program yang saya dirikan, Young Trainer Academy. Bagi Anda yang ingin mengikuti pelatihannya, silakan klik daftar.youngtraineracademy.com

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja@ArryRahmawan

#UPDATE : Bagi Anda yang ingin mengasah ketermapilan berbicara di depan publik, jangan lupa ikuti program #YoungTrainerAcademy. Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klik daftar.youngtraineracademy.com atau email ke contact@cerdasmulia.co.id.

Bagaimana menurut Anda?

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar