Uncategorized

Why People Don't Trust You?

SEORANG sahabat datang kepada saya. Menangis. Saya bingung ada apa dengan dia? Apakah ada sesuatu yang salah? Kebetulan dia ini adalah salah satu sahabat dekat saya. Dia pun kemudian bercerita. Singkatnya, dia diajak balikan lagi dengan mantannya. Dia kemudian menolak, karena teringat dengan apa yang pernah dilakukan sama pacarnya dulu.

Singkat kata, she doesn’t trust you, anymore. Kalau saya boleh bilang kepada mantannya itu. Saya pun kemudian berpikir, betapa mahal sebuah kepercayaan. Ya, sungguh sangat mahal. Saya pun pernah kehilangan kepercayaan kepada orang. Mungkin juga ada beberapa orang yang pernah kehilangan kepercayaan kepada saya. Kenapa mereka bisa kehilangan kepercayaan terhadap diri kita?

Pengalaman saya sebagai seorang motivator, pembicara publik, dan pebisnis, juga menuntut sebuah kepercayaan dari audience dan partner. In my opinion, being labeled a trustworthy person is one of the greatest achievement. Kali ini kita akan belajar bersama bagaimana belajar mendapatkan kepercayan dengan membaca dari sudut pandang orang lain dengan menjawab pertanyaan,

Why people don’t trust You?

  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena pernah dibohongi
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena pernah disakiti di masa lalu
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena melihat apa yang dikatakan tidak sama dengan apa yang dilakukan
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena terlihat tidak profesional dan asal berbicara
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena orang tersebut pernah mengabaikan amanah dan kepercayaan yang diberikan
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena tidak menepati janji
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena tidak datang sesuai dengan waktu yang telah disepakati
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena sering membicarakan dan membuka aib orang lain
  • Seseorang kehilangan kepercayaan kepada orang lain karena dengan mudah membuka rahasia-rahasia orang yang dititipkan kepadanya.

Untuk mendapatkan kepercayaan, tinggal melakukan hal yang sebaliknya. Sederhana, bukan? Jika kepercayaan itu hilang, sungguh akan sangat sulit untuk membangunnya kembali.

Berlaku jujur dan jagalah kepercayaan orang terhadap diri kita. Di zaman sekarang ini, sulit untuk mencari orang yang bisa dipercaya. Justru itu peluang betapa tingginya harga diri kita jika bisa menjadi seseorang yang layak dipercaya. Orang akan tahu apakah kita bisa dipercaya atau tidak, melalui apa yang kita lakukan.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!