Uncategorized

Yuk, Kita Disiplin!

Dalam perjalanan mengarungi hidup ini dan dari beberapa pengalaman langsung, di Indonesia tampaknya masih jarang sekali orang yang menerapkan prinsip “disiplin” pada waktu.

Jika kita ada acara jam 10.00, maka mulai jam 11.00.
Jika kita janjian kumpul jam 11.30, maka semuanya kumpul jam 12.00.
Jika jam pelajaran mulai pukul 08.00, maka guru masuk jam 08.15.

Dan yang lain-lainnya. Bahkan, sekarang ini banyak sekali orang-orang yang bilang, “Ah, pasti ngaret.”, “Ah, ntar aja ah, yang lainnya juga pasti telat.” Dan sebagaimana macamnya. Lucunya, ketika ada undangan atau acara, kalau setiap orang Indonesia yang diundang berpikir seperti itu, kapan mulai atau sampainya?

Sekali-kali bacalah artikel mengenai kedisiplinan di Jepang. Dosen yang mengajar tepat waktu. Kereta yang mengantar juga tepat waktu. Dan ketepatan waktu ini juga diterapkan di beberapa negara barat, seperti Inggris misalkan. Pernah ada seorang Indonesia yang kuliah di Inggris, kemudian ada seminar yang diselenggarakan pagi hari (jam 06.00). Orang Indonesia ini berpikir tidak mungkin jam 06.00 sudah ramai, dan dia mengulur waktu lima belas menit kemudian. Ternyata sewaktu sampai di tempat seminar, dia tidak mendapatkan tempat duduk.

Rasulullah SAW sudah mengajarkan pada umat muslim bagaimana kiat untuk belajar disiplin waktu. Yaitu pelajaran yang diberikan tergolong sederhana, namun sangat sulit sekali untuk diterapkan. Hal itu adalah Shalat Tepat pada Waktunya. Berapa dari kita, umat muslim Indonesia, yang shalat tepat pada waktunya?

Saya tidak akan memberikan tips macam-macam bagaimana meningkatkan kedisiplinan mengenai waktu. Cobalah untuk shalat tepat pada waktunya selama seminggu penuh. Sudah? Kemudian cobalah shalat tepat waktu sebulan penuh. Sudah juga? Alhamdulillah… Kemudian cobalah shalat tepat waktu setahun penuh, sudah? Anda luar biasa! Ketika adzan berkumandang, itu adalah tanda perjanjian Anda dengan Allah untuk saling “bertatap muka”. Lantas, pantaskah kita kepada Tuhan kita menerapkan prinsip “ngaret”?

Mari merefleksikan hal ini pada diri kita masing-masing. Cobalah untuk menerapkan disiplin waktu dari sekarang dan meninggalkan prinsip ngaret ini. Marilah kita menjadi teladan untuk memulai dan merubah kebiasaan bangsa kita yang suka ngaret. Tahap latihan awal yang bisa dicoba adalah mengerjakan shalat tepat waktu. Lantas kita bisa menerapkan kebiasaan kita itu dalam aspek kehidupan yang lainnya, seperti rapat, acara, aktivitas, pertemuan, dan lain sebagainya.

Salam Sukses!



Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!